Rabu 07 Jun 2023 21:35 WIB

Fakultas Filsafat UGM Inisiasi Program Sekolah Lansia di Bantul

Lansia di Bantul pada 2020 mencapai 12,1 persen jumlah penduduk.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Warga lanjut usia mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Lanjut Usia (Lansia) ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Warga lanjut usia mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Lanjut Usia (Lansia) ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertajuk Inisiasi Pengelolaan Sekolah Lansia di Desa Garjoyo, Dukuh Imogiri, Bantul. Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Filsafat UGM bersama Tim Inovasi Puskesmas Imogiri I Bantul ini sepakat untuk mengadakan sekolah lansia di Imogiri, Kabupaten Bantul.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh persentase jumlah lansia di Bantul pada 2020 mencapai 12,1 persen dari jumlah penduduk yang mencapai hampir 1 juta jiwa. Jumlah lansia itu perlu dikelola secara lebih lanjut untuk menciptakan kelompok lansia yang hidup lebih sehat, bahagia, dan produktif.

Ketua Tim Pengabdian Fakultas Filsafat UGM, Supartiningsih, mengatakan, wahana Sekolah Lansia dalam rangka memberikan semangat untuk membahagiakan lansia.

Adapun FGD merupakan bagian dari keseluruhan kegiatan yang akan dilaksanakan berupa Training of Trainer, penyusunan buku panduan kegiatan, pembukaan Sekolah Lansia, pelaksanaan kegiatan sekolah, pelaksanaan wisuda sekolah, juga evaluasi program.

 

"Kerja sama yang baik antara Tim PkM dan Tim Inovasi Puskesmas Imogiri 1, perangkat desa, dan para kader kesehatan ini diharapkan akan dapat menciptakan kondisi para lansia yang panjang usia dengan dipenuhi kebahagiaan," kata Supartiningsih, Rabu (7/6/2023).

Sekolah Lansia ini disambut baik oleh pemerintah desa, para kader, puskesmas, dan tim inovasi Puskesmas Imogiri I. "Harapannya, ke depan dari inisiasi program Sekolah Lansia akan berdiri Taman Lansia yang menjadi tempat berkumpulnya para lansia yang bahagia," kata ketua Tim Inovasi Puskesmas Imogiri I Bantul, Prasasti Bintarum.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement