Kamis 15 Jun 2023 16:12 WIB

Sejumlah Wilayah Pekalongan Tergenang Rob, Bantuan Air Bersih Disalurkan

Ada beberapa titik yang masih tergenang air lima hingga 25 centimeter.

Sejumlah warga berjalan melewati banjir rob di Pekalongan, Jawa Tengah (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Sejumlah warga berjalan melewati banjir rob di Pekalongan, Jawa Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, memastikan ketersediaan air bersih masih aman dan cukup untuk korban banjir rob. Antara lain dengan menyediakan tandon air yang disuplai perusahaan daerah air minum setempat.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan Aprilyanto Dwi Purnomo mengatakan saat ini sejumlah wilayah masih tergenang rob akibat limpasan pasang air laut yang mengakibatkan tanggul rusak.

"Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi kami telah menyiagakan petugas dan menyuplai air bersih pada korban rob. Rob memang sudah menggenangi wilayah permukiman warga, namun waktunya sementara di jam tertentu," katanya, Kamis (15/6/2023).

Sejumlah wilayah yang masih tergenang rob antara lain Kelurahan Padukuhan Kraton, Pabean, Bandengan, dan sebagian wilayah Kandangpanjang. Saat ini pihaknya masih terus melakukan langkah antisipasi seperti patroli, monitor wilayah, dan kesiapsiagaan tim penanggulangan bencana di setiap kelurahan.

Adapun tanggul yang rusak akibat limpasan gelombang air laut, kata dia, sudah ditutup agar tidak mengganggu masyarakat yang akan bekerja.

Ia mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini banjir atau rob di pesisir utara Jawa Tengah akibat peningkatan ketinggian pasang air laut pada 13 Juni 2023.

"Berdasarkan pantauan, ada beberapa titik yang masih tergenang air lima hingga 25 sentimeter. Kami menilai kondisi wilayah masih terpantau aman," ujar dia.

Ia mengimbau masyarakat yang terdampak banjir pesisir atau rob agar terus menjaga kesehatan dan mengikuti perkembangan kondisi cuaca terbaru dari sumber resmi seperti BMKG maupun BPBD.

"Hal yang terpenting kami mengimbau masyarakat menjaga kesehatan meski pemkot juga telah menyiapkan layanan kesehatan," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement