Senin 19 Jun 2023 17:36 WIB

Sekolah Laboratorium Pancasila Dinilai Penting Bentengi Generasi Muda

Sekolah ini dinilai diperlukan untuk menyikapi segala bentuk degradasi moral.

Sosialisasi Pembentukan Sekolah Laboratorium Pancasila di SMAN 13 Jakarta beberapa waktu lalu.
Foto: dokpri
Sosialisasi Pembentukan Sekolah Laboratorium Pancasila di SMAN 13 Jakarta beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pencegahan terhadap perundungan, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba, konsumsi minuman keras, tawuran, dan seks bebas, pada Generasi Z (remaja usia 10-24 tahun), sesuai dengan Permendikbud 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Satuan Pendidikan, maka Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menggandeng Lembaga Pelatihan SDM 'Motivasi Indonesia' dan juga lintas sektor mengadakan Program Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP), yang akan diterapkan ke beberapa sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK di Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2023 ini. 

Sebagai pembukaan perdana Sekolah Laboratorium Pancasila, maka SMAN 13 Jakarta Utara bertindak sebagai sekolah pertama yang menyelenggarakan 'Sosialisasi Pembentukan Sekolah Laboratorium Pancasila'. 

Seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, kegiatan ini dihadiri Ketua Bidang SMP-SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Putoyo, hadir Kepala Suku Dinas Jakarta Utara Wilayah II Purwanto, dan Narasumber sekaligus Peneliti Sekolah Laboratorium Pancasila, Hamry Gusman Zakaria, di Aula SMAN 13 Jakarta Utara pada Selasa(16/5/2023).

Putoyo dalam arahannya menyampaikan pentingnya Sekolah Laboratorium Pancasila dan Pembentukan Satgas Sekolah Laboratorium Pancasila dikarenakan generasi muda saat ini yang akan menjadi tulang punggung bangsa di masa yang akan datang. 

Kepala sekolah SMAN 13 Jakarta Utara Dra. Tuti Sukarni menyambut dengan antusias  kegiatan Sekolah Laboratorium Pancasila agar SMAN 13 Jakarta Utara terbebas dari perundungan, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba, konsumsi minuman keras, tawuran, dan kasus seks bebas.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Suku Dinas Jakarta Utara Wilayah II Purwanto yang menyampaikan bahwa Sekolah Laboratorium Pancasila sangat diperlukan sebagai upaya menyikapi segala bentuk degradasi moral yang terjadi pada generasi muda Indonesia, lalu kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber Sekolah Laboratorium Pancasila sekaligus Motivator dan Founder Motivasi Indonesia Hamry Gusman Zakaria, MM, berjudul 'Motivasi Sekolah Laboratorium Pancasila' dan 'Petunjuk Juknis Sekolah Laboratorium Pancasila'. Diskusi berjalan sangat efektif dan membakar semangat para Satgas SLP. 

Kegiatan dilanjutkan dengan Pengesahan Surat Keputusan (SK) Satgas SLP oleh Kepala Sekolah  SMAN 13 Jakarta Utara yang dipandu oleh Hamry Gusman Zakaria selaku Narasumber LEMHANNAS RI dan Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi DKI Jakarta, serta Pembacaan Deklarasi Sekolah Laboratorium Pancasila yang dibacakan oleh Ketua Satgas SLP dan diikuti oleh Seluruh Anggota Satgas SLP SMAN 13 Jakarta. Dengan dilaksanakan pengukuhan Satgas SLP diharapkan SMAN 13 Jakarta Utara dapat mewujudkan percontohan Sekolah Laboratorium Pancasila yang sukses dalam meningkatkan nilai-nilai kebangsaan siswa dan diharapkan memiliki perilaku dan budi pekerti yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement