Rabu 21 Jun 2023 19:09 WIB

Prof Suharnomo Rektor Terpilih Undip Periode 2024-2029

Prof Suharnomo menuturkan ihwal pencapaian Indikator Kinerja Utama 1 Undip.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Proses penghitungan suara pada tahapan Pemilihan dan Penentapan Rektor Undip Periode 2024- 2029, yang dilaksanakan di Gedung Prof Soedarto SH, Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Selasa (20/6/2023).
Foto: Humas Undip
Proses penghitungan suara pada tahapan Pemilihan dan Penentapan Rektor Undip Periode 2024- 2029, yang dilaksanakan di Gedung Prof Soedarto SH, Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Selasa (20/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Prof Dr Suharnomo SE MSi ditetapkan Majelis Wali Amanat (WMA)  Universitas Diponegoro (Undip) sebagai Rektor Undip untuk periode jabatan 2024-2029. Sebelumnya, Prof Dr Suharmono terpilih sebagai Rektor Undip setelah meraih suara terbanyak, pada Pemilihan dan Penetapan Rektor Undip Tahun 2024-2029, yang dilaksanakan di Gedung Prof Soedarto SH, Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Selasa (20/6/2023).

Perolehan suara ini mengungguli perolehan suara dua kandidat Rektor Undip lainnya, masing-masing Prof Ir M Agung Wibowo yang memperoleh sembilan suara serta Prof dr Thohar Arifin PhD PA SpBS (K) yang tidak memperoleh suara.

Ketua WMA Undip, Prof Mohamad Nasir MSi Akt PhD mengungkapkan, proses Pemilihan Rektor Undip Tahun 2024-2029 telah dimulai pada bulan Januari Tahun 2023, yang diawali dengan Tahap Penjaringan. Dalam tahapan ini ada empat nama empat nama yang mendaftar sebagai bakal calon (balon) Rektor Undip periode 2024-2029.

"Masing- masing Prof Ir Mochamad Agung Wibowo MM MSc PhD. (Fakultas Teknik); Prof Dr Suharnomo SE MSi (Fakultas Ekonomika dan Bisnis); Prof dr Muhamad Thohar Arifin PhD PA SpBS (Fakultas Kedokteran) dan Prof Budi Setiyono SSos MPol Admin PhD (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)," jelasnya, Rabu (21/6/2023).

Proses pemilihan rektor, jelasnya, kemudian dilanjutkan dengan tahap penyaringan yang dilaksanakan pada 8 Juni 2023. Pada tahapan ini dilakukan acara pemaparan program kerja balon Rektor Undip.

Berdasarkan usulan daftar hasil penilaian oleh Panelis yang disampaikan kepada Panitia Pemilihan Rektor diperoleh tiga nama calon rektor berdasarkan pada urutan perolehan nilai tertinggi. Perolehan nilai tertinggi menghasilkan tiga nama, masing-masing Prof Dr Suharnomo SE MSi, Prof Ir Mochamad Agung Wibowo MM MSc PhD, dan Prof dr Muhamad Thohar Arifin PhD PA SpBS (K).

"Memasuki tahap Pemilihan dan Penetapan Calon Rektor, MWA Undip menggelar acara Debat Calon Rektor Undip Tahun 2024-2029 yang dilaksanakan secara terbuka," ungkap Mohammad Nasir.

Manajer Layanan Terpadu dan Humas Undip, Utami Setyowati SS MIKom menambahkan, dalam Debat Calon Rektor, Prof Suharnomo menuturkan ihwal pencapaian Indikator Kinerja Utama 1 Undip yang sangat membanggakan adalah tracer study dan alumni banyak bekerja di perusahaan multinasional.

Sementara Prof Agung menyampaikan misi 'Go Global, Good Governance'. Go Global adalah prestasi Undip di level internasional sedangkan Good Governance adalah tata kelola transparan dan akuntabel. Selain itu dalam hal pengelolaan kampus menjunjung tinggi integritas dan kejujuran. Serta menciptakan zona reformasi birokrasi bebas korupsi (ZI WBK).

Sedangkan Prof Thohar mengatakan Undip memiliki tanggung jawab untuk memantapkan World Class University, melalui matching fund, research, dan lainnya. Sehingga penting  mengatur database baik pengetahuan, penelitian yang real time dan terintegrasi serta perlunya peningkatan pemeringkatan. "Sesuai dengan harapan MWA Undip, siapa pun yang terpilih sebagai Rektor Undip 2024 – 2029, semoga dapat memajukan Undip," ungkap Utami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement