Rabu 21 Jun 2023 21:43 WIB

Tiba di Keraton Yogyakarta, Sultan HB X Sambut Kaisar Jepang

Sebelumnya, Kaisar Jepang mengunjungi sabo dam di Kabupaten Sleman.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
 Kedatangan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, yang disambut Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023) malam.
Foto: Dokumen
Kedatangan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, yang disambut Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyambut kedatangan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, di Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023) malam. Kedatangan Kaisar Jepang ke keraton setelah sebelumnya juga sempat mengunjungi sabo dam di Kabupaten Sleman.

Lawatan Kaisar Jepang ini merupakan yang pertama dilakukan di luar negeri sejak dinobatkan pada 1 Mei 2019 lalu. Sultan yang juga Gubernur DIY tersebut menyambut kedatangan Kaisar Jepang beserta rombongan bersama GKR Hemas.

Dengan mengenakan busana takwa dilengkapi kuluk kanigara dengan jarik Parang Gurda, Sultan bersama GKR Hemas menyapa Kaisar Jepang ke-126 itu di Regol Danapratapa, kompleks Pelataran Srimanganti, Keraton Yogyakarta.

Sebelum disambut oleh Sultan, Kaisar Naruhito sudah terlebih dulu diterima oleh putri sulung Sultan, GKR Mangkubumi di Regol Kamandungan Lor (Keben) pukul 18.00 WIB.

 

"Seperti biasa, kami menerima dan mempersembahkan tarian, kemudian dinner," kata GKR Mangkubumi yang juga Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Datu Dana Suyasa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, turut menyambut Putri Dalem GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendara, serta Mantu Dalem KPH Wironegoro, KPH Purbodiningrat, KPH Notonegoro, dan KPH Yudonegoro. Hadir pula cucu Sultan, RM Gustilantika Marrel Suryokusumo, RAy Arti Ayya Fatimasari, dan RM Dhrastya Wironegoro.

Saat memasuki kompleks Pelataran Srimanganti, puluhan prajurit Bregada Wirabraja yang mengenakan seragam keprajuritan lengkap disertai senjata, bendera, dan alat musik berbaris memanjang dari utara ke selatan di area plataran. Bregada tersebut sembari memberikan penghormatan pada Kaisar Jepang.

Usai penyambutan dilakukan di Regol Danapratapa, alunan repertoar persembahan Abdi Dalem Musikan bergema di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana, mengiringi Sultan, GKR Hemas, dan Kaisar Naruhito menuju Tratag Kagungan Dalem Bangsal Kencana.

Selanjutnya Kaisar Naruhito bersama Sultan dan GKR Hemas menyaksikan benda koleksi milik keraton di sisi utara Tratag Kagungan Dalem Bangsal Kencana. Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Nyi R Ry Noorsundari mengatakan, pihaknya memamerkan beberapa koleksi Keraton kepada Kaisar Naruhito.

"Kawedanan Radya Kartiyasa memamerkan beberapa koleksi Keraton Yogyakarta berupa batik motif Parangrusak Barong, batik motif Kawung, batik motif Purbanegara, batik motif Sidaluhur, pusaka Keris, dan tentunya manuskrip," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement