Kamis 22 Jun 2023 15:59 WIB

Dampingi Kaisar Jepang di Candi Borobudur, Ganjar Jajaki Peluang Kerja Sama

Kaisar Jepang sangat takjub dengan Candi Borobudur.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo turut mendampingi Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito saat mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Kamis (22/6/2023).
Foto: AP Photo/Slamet Riyadi
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo turut mendampingi Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito saat mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Kamis (22/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo turut mendampingi Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito saat mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Kamis (22/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan Tur Guide Mura Aristina berbincang dengan Kaisar Jepang sambil melihat detail candi yang tersusun rapi.

Baca Juga

Pada perbincangan itu Ganjar menyebut Kaisar Jepang sangat takjub dengan Candi Borobudur. Baik dari segi sejarahnya maupun filosofi dan teknologinya.

“Dari filosofinya terkesan, teknologinya terkesan, terus kemudian cerita yang diceritakan narasinya bagus banget tadi sangat terkesan. Sehingga banyak ekspresi yang saya lihat ‘wow, wow’. Jadi, itu pasti menunjukkan kesan yang hebat,” kata dia di lokasi.

 

Menurut Ganjar, kunjungan Kaisar Naruhito ke Candi Borobudur menunjukkan keakraban antara Indonesia dan Jepang. Terkhusus untuk Provinsi Jateng, Ganjar pun menjajaki kerja sama di berbagai bidang.

“Apakah diplomatiknya, politiknya, ekonominya, B2B-nya agar kemudian kita bisa memanfaatkan hubungan baik ini,” ujar Ganjar.

Saat mendampingi Kaisar Jepang, Ganjar juga turut berbincang dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. Ganjar mengatakan, Kanasugi mengajaknya ke Jepang untuk melihat potensi yang bisa dikerjasamakan.

“Tadi Pak Duta Besar langsung bicara dengan saya dan beberapa tokoh penting tadi. Bisik-bisik ke saya kapan bisa ke Jepang. Saya bilang harus menyelesaikan tugas dulu, rasa-rasanya kalau dalam waktu pendek, belum,” kata Ganjar.

Ganjar pun mengapresiasi Tur Guide Mura yang bisa dengan lancar menjelaskan semua tentang Candi Borobudur ke Kaisar Naruhito. Menurut Ganjar, Mura sangat entertaining karena memberi penjelasan secara enteng dan bagus.

“Saya melihat kaisar Hiro sangat senang tadi, sangat impresif melihat dan mengikuti. Senang sekali karena guide-nya keren,” kata dia.

Sebagai informasi, kunjungan Kaisar Jepang ke Indonesia akan berlangsung satu pekan. Setibanya di Indonesia pada Rabu (21/6/2023) kemarin, Kaisar Naruhito mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement