Rabu 28 Jun 2023 11:14 WIB

Ribuan Jamaah Muhammadiyah Sholat Idul Adha di Puro Mangkunegaran 

Penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan di empat lokasi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Jamaah melaksanakan sholat Idul Adha (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah melaksanakan sholat Idul Adha (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ribuan jamaah Muhammadiyah melaksanakan sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu (28/6/2023). 

Perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Ranting Keprabon Solo, Fatkhul Hadi mengatakan setidaknya ada sekitar 5.000 jamaah yang hadir di sholat id tersebut. "Kemungkinan ada 5000-an lebih, tapi kalau sholat idul Fitri bisa sampai 20 ribuan lebih," katanya, Rabu.

Baca Juga

Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban di empat lokasi. "Hari ini di seluruh Keprabon ada empat tempat. Balai Muhammadiyah, Masjid Nur Rohmah, Nur Rohim. Hewan kurban ada empat sapi untuk yang di Balai Muhammadiyah, kalau seluruhnya ya 20-an karena ada beberapa masjid dan mushalla," katanya.

Sementara itu, khatib Muhammad Hanif Alimi berpesan bagaimana memaknai hari raya Idul Adha bagi umat Muslim. Salah satunya yakni dengan meneladani Nabi Ibrahim AS.

"Penting kita perhatikan bersama yang pertama tentang keteladanan Nabi Ibrahim Alaihissalam yang mesti kita apa kita ikuti, kita laksanakan di antaranya adalah syariat yang sampai sekarang hari ini kita laksanakan ibadah haji kemudian penyembelihan hewan kurban itu merupakan sunnah daripada juga Nabi Ibrahim," kata Hanif, Rabu (28/6/2023). 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bagaimana teguhnya keimanan Nabi Ibrahim menjalankan perintah Allah. Meskipun itu perintah yang berat yakni untuk menyembelih anaknya sendiri, Nabi Ismail.

"Nabi Ibrahim memegang teguh prinsip tentang perintah dari Allah beliau laksanakan dengan sebaik mungkin dengan setulus mungkin dan kemudian terlahirlah keturunan keturunan dari beliau adalah keturunan orang-orang yang soleh bahkan keturunan beliau menjadi nabi dan para rasul," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement