Kamis 29 Jun 2023 13:25 WIB

Empat Ide Kegiatan Seru Orang Tua dan Anak Saat Libur Panjang Sekolah

Kegiatan ini dapat dilakukan di halaman rumah atau di sekitar rumah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Liburan
Foto: Mgrol101
Ilustrasi Liburan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA- Liburan sekolah adalah hari yang sangat dinantikan oleh anak-anak. Momen ini jadi yang paling sering ditunggu sebab anak-anak dapat terlepas dari tugas sekolah dan dapat melakukan kegiatan lainnya yang menyenangkan bersama orang tua maupun teman-temannya.

Sepanjang tanggal 24 Juni hingga 8 Juli mendatang, masa liburan sekolah anak dapat diisi dengan banyak kegiatan seru. Tidak selalu harus berwisata, namun momen ini bisa diisi dengan kegiatan bersama keluarga yang menyenangkan. Kira-kira apa saja kegiatan yang seru dan positif untuk dilakukan bersama anak di masa libur? Simak yuk tips dari Haus berikut ini

Baca Juga

1. Menonton film

Tidak hanya pergi ke mal atau tempat wisata, menonton film juga bisa jadi alternatif kegiatan liburan yang positif. Ya, sederet film-film bertema keluarga terbaru atau animasi live action baik lokal maupun mancanegara dapat dipilih oleh orang tua dan anak. Kegiatan menonton film pun bisa dilakukan oleh orang tua dan anak di rumah dengan memanfaatkan platform over the top (OTT). Tidak perlu ribet datang ke bioskop, kan?

2. Piknik di halaman rumah

Mengadakan piknik di halaman rumah akan menjadi ide kegiatan liburan sekolah seru bagi anak. Orang tua hanya perlu menyiapkan alas makan, aneka makanan dan minuman, board game yang dapat dimainkan bersama-sama atau buku bacaan. Dijamin seru deh.

3. Berkebun

Terdengar tak biasa, namun berkebun adalah ide kegiatan liburan sekolah seru yang bisa dilakukan. Anak akan belajar bagaimana proses sayur dan buah kesukaannya didapatkan.

Tidak perlu kebun yang luas, kegiatan ini dapat dilakukan di halaman rumah atau di sekitar rumah. Selain membuat halaman rumah menjadi indah, kegiatan ini juga dapat mengenalkan anak tentang pengetahuan terkait tumbuh-tumbuhan, tanggung jawab dan kesabaran, dan pentingnya menjaga lingkungan.

4. Mencoba sajian ala Korea

Seperti kita ketahui, saat ini demam Korea atau Korean Wave sedang mewabah di Indonesia. Tak hanya sebatas pada drama Korea dan idol group saja. Namun kini, makanan Korea pun hits dan jadi incaran.

Tak ada salahnya bagi orang tua untuk mengajak anak-anak menjajal hidangan Korea di momen liburan sekolah ini. Ada sejumlah menu jajanan Korea yang menjadi favorit. Di antaranya bone marrow ramyeon, chicken fried ramyeon, odeng, dan topokki yang tentunya juga cocok di lidah anggota setiap keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement