Ahad 09 Jul 2023 06:41 WIB

Menko PMK Imbau Warga Terdampak Gunung Semeru Tempati Hunian Relokasi

Beberapa warga sudah memiliki rumah di hunian relokasi, namun tidak menempatinya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta warga yang berada di kawasan zona merah peta rawan bencana Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk menempati hunian relokasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat.

"Tadi saya cek ada beberapa keluarga yang seharusnya sudah menempati hunian tetap di relokasi malah sekarang tidak ditempati, dia masih tinggal di tempat yang lama," katanya saat mengunjungi lokasi pengungsian di Balai Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Ia menemukan ada beberapa warga yang sudah memiliki rumah di hunian relokasi, namun tidak menempatinya saat berkunjung ke posko pengungsian di Balai Desa Jarit tersebut.

"Sudah seharusnya rumah hunian tetap ditempati karena tempat tinggal sebelumnya juga berada dalam zona merah peta rawan bencana Gunung Semeru," ujarnya.

Muhadjir meminta warga untuk tetap mengikuti arahan pemerintah demi keselamatan, sehingga seharusnya segera pindah ke hunian tetap yang telah disediakan pemerintah di Desa Sumbermujur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement