Kamis 13 Jul 2023 19:10 WIB

Tiga Tips Aman Gunakan Transportasi Online di Malam Hari

Indonesia masih memiliki angka kekerasan seksual yang tinggi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Fernan Rahadi
Jaket ojek online. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Jaket ojek online. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam hari menjadi waktu yang sering dianggap rawan terhadap berbagai jenis kejahatan termasuk kekerasan seksual. Meskipun begitu, kekerasan seksual dapat dialami oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun, baik di ranah domestik dan publik. Memastikan ruang publik dan transportasi publik yang aman membutuhkan tanggung jawab dan partisipasi bersama antara pemerintah, pelaku usaha, hingga masyarakat untuk menekan angka kekerasan seksual.

Indonesia masih memiliki angka kekerasan seksual yang tinggi. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) tahun 2022, 3,539 perempuan dari total 4,236 responden mengatakan bahwa mereka pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik.

Baca Juga

Menanggapi hal ini, Gede Manggala, Head of Region & External Affairs Gojek memberikan tiga tips keamanan dalam menggunakan aplikasi Gojek yang wajib Anda ketahui dan tentunya akan sangat membantu kamu merasa aman dan nyaman selama trip berlangsung:

1. Kenali ragam jenis kekerasan seksual

 

Kekerasan seksual dapat terjadi kepada siapa saja baik perempuan maupun laki-laki. Penting untuk kita semua mengenali berbagai bentuk pelecehan dan kekerasan seksual baik secara fisik maupun non-fisik. Mari jaga bersama ruang publik kita tetap aman dengan selalu mengingat bentuk-bentuk kekerasan seksual yang terangkum dalam S.I.U.L.

Sebar konten intim yang tidak diinginkan. Intimidasi atau menggoda dalam bentuk apa pun, termasuk dalam bentuk tulisan. Ucapan atau komentar atas tubuh termasuk bersiul. Lakukan kontak fisik yang tidak diinginkan.

2. Bagikan perjalanan kepada keluarga dan teman terdekat

Saat sedang melakukan perjalanan menggunakan GoRide atau GoCar, Anda bisa cobain fitur bagikan perjalanan untuk membagikan perjalanan Anda secara real time ke teman dan keluarga kamu sehingga perjalanan Anda bisa tetap terpantau sepanjang jalan menuju tujuan.

3. Aktifkan tombol bantuan darurat apabila diperlukan

Tentu kita tidak ingin terjadi hal-hal yang merugikan kita selama perjalanan. Untuk itu, Gojek juga memiliki fitur tombol darurat yang dapat Anda gunakan dalam situasi darurat sehingga laporan Anda dapat direspons dengan cepat oleh customer care dan tim unit darurat Gojek yang siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban.

Head of Programmes, UN Women Indonesia, Dwi Faiz menjelaskan data menunjukkan kekerasan terhadap perempuan di ruang publik tetap terjadi sejak awal pandemi. Ketakutan akan kekerasan memengaruhi hak perempuan untuk berpergian dengan aman, mencari penghidupan, dan mengakses layanan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement