Ahad 16 Jul 2023 06:07 WIB

Bupati Sleman Ajak Warga Kurangi Sampah Plastik

Menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara yang sederhana.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo
Foto: Dok Humas Pemkab Sleman
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman mengadakan acara puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, di lapangan Pemda Sleman, Jumat (14/7/2023). Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Tahun 2023 mengangkat tema 'Solusi Untuk Polusi Plastik (Solutions to Plastic Pollution)' dengan mengusung kampanye #beatplasticpollution. Sedangkan tema yang diangkat oleh Pemkab Sleman adalah 'Dengan Bijak Penggunaan Plastik, Mari Bersama Kurangi Polusi Plastik'.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, berharap kegiatan ini dapat semakin memotivasi dan menguatkan kesadaran seluruh masyarakat Sleman untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga

Menurut dia, upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yakni memulai dari diri sendiri dan dilakukan saat ini juga. "Salah satunya adalah dengan meminimalkan penggunaan plastik dalam kehidupan kita sehari-hari," kata Kustini dalam keterangan tertulisnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristiyani melaporkan, berbagai kegiatan gerakan peduli lingkungan diadakan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, seperti kegiatan bersih sungai, pembinaan dan evaluasi kegiatan Kampung Hijau dan kegiatan program Kampung Iklim tingkat Kabupaten Sleman. 

Pada acara tersebut juga dilakukan pelepasan burung secara simbolis dan penyerahan bantuan 100 bibit tanaman kepada masyarakat. Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Sleman, Arif Kurniawan, Dandim/0732 Sleman, Letkol (Arm) Danny Arianto Pardamean Girsang, serta pejabat terkait lainnya. 

Selain itu, pada acara tersebut juga diadakan pameran sejumlah stand dari berbagai kegiatan pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Sleman. Serta dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Batalyon Infanteri Mekanis 403 dengan Pemerintah Kabupaten Sleman tentang Sinergi Kerja Sama Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement