Senin 31 Jul 2023 20:04 WIB

Komisi C DPRD Sleman Pantau Kesiapan TPST dan TPSS Tamanmartani

DPRD Sleman menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Lingkungan Hidup Sleman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Komisi C, Rahayu Widi Nuryani melakukan kunjungan kerja ke TPST Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (31/7/2023).
Foto: dokpri
Ketua Komisi C, Rahayu Widi Nuryani melakukan kunjungan kerja ke TPST Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (31/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Komisi C DPRD Sleman melakukan kunjungan kerja ke TPST Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (31/7/2023). Ketua Komisi C, Rahayu Widi Nuryani, mengatakan kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat progres pembangunan di TPST tersebut.

"Kita ke TPST Tamanmartani ini karena kami ingin melihat sudah sejauh mana progres pembangunan dari TPST yg ada disini," kata Rahayu saat ditemui, Senin (31/7/2023).

Selain itu Komisi C juga memantau lokasi yang kemungkinan akan dijadikan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS). Lokasi tersebut berada tidak jauh dari TPST Tamanmartani.

"Kami juga menanyakan itu dan ternyata disana hanya penampungan sampah sementara itu hanya 50 ton per hari padahal di Sleman per harinya bisa 300 ton. Sehingga kita mendorong untuk dibuat lagi lima tempat untuk TPSS," ucapnya.

Belum diketahui lima lokasi TPSS tersebut. DPRD Sleman menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Lingkungan Hidup Sleman untuk mencari tempat tersebut.

"Kita juga mendorong untuk TPST yang sudah kita rencanakan kita akan membuat empat. Dua harus selesai di tahun ini, dan dua selesai di 2024. Dan itu harga mati harus karena memang persoalan  ini sangat penting dan urgent," ungkapnya.

Ia mengatakan lima hari lagi TPSS sudah bisa digunakan. Ia berharap DLH tetap aktif melakukan pengambilan sampah dari masyarakat. Untuk mengurangi tumpukan sampah, Rahayu menyebut Bupati Sleman juga telah mengeluarkan surat edaran terkait adanya pemilahan sampah dari rumah tangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement