Kamis 03 Aug 2023 20:01 WIB

Polres Malang Kirim 19 Truk Tangki Air Bersih Bantu 5 Desa Terdampak Kemarau

Warga mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
 Polres Malang menyalurkan bantuan air bersih ke lima desa di Kabupaten Malang, Kamis (3/8/2023).
Foto: Dokumen
Polres Malang menyalurkan bantuan air bersih ke lima desa di Kabupaten Malang, Kamis (3/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebanyak lima desa di Kabupaten Malang menerima bantuan air bersih dari Polres Malang. Kelima desa tersebut antara lain Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading, Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo, Desa Klampok Kecamatan Singosari, serta Desa Jabung dan Desa Kemiri di Kecamatan Jabung.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana menyatakan, pendistribusian bantuan air bersih ini merupakan salah satu wujud kepedulian pada masyarakat yang mengalami kekurangan pasokan air bersih. Kemudian juga termasuk bagian dari upaya kepolisian dalam mengantisipasi dampak El Nino yang berdampak pada pasokan air di daerah.

"Kami membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam menghadapi situasi sulit akibat krisis air," jelasnya di Kabupaten Malang, Kamis (3/8/2023).

Seperti diketahui, El Nino adalah sebuah fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik tengah dan timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya. Fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global.

Kondisi ini berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia. Menurut dia, penyaluran bantuan air bersih ini merupakan rangkaian bakti pengabdian Akademi Kepolisian (Akpol) 1995.

Kegiatan dilaksanakan secara serentak seluruh Polres di Jawa Timur dipimpin oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Tony Harmanto, di Polres Bojonegoro.  Dalam pelaksanaannya, sejumlah 19 truk tangki ukuran 5,000 liter disalurkan kepada warga di lima desa. 

Pemilihan desa sasaran penerima bantuan air bersih merupakan bentuk perhatian kepolisian terhadap warga terdampak bencana banjir beberapa waktu lalu di Kabupaten Malang. Sasaran penyaluran bantuan juga diberikan kepada warga yang terkendala sarana air bersih akibat pompa swadaya yang rusak.

Ia berharap bantuan air bersih ini dapat meringankan beban warga yang mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih dalam kehidupan sehari-hari. "Semoga upaya bersama dari berbagai pihak dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di daerah yang terdampak," ujarnya.

Selain Polres Malang, Polresta Malang Kota (Makota) juga menyalurkan 20 truk tangki air bersih di lima kecamatan. Wakapolresta Makota, AKBP Apip Ginanjar mengatakan, sebanyak 100 ribu liter air yang diangkut oleh 20 truk dan akan disebarkan di lima kecamatan yang ada di Kota Malang.

Tiap truk setidaknya membawa 5,000 liter air bersih. Sebelumnya,  jajarannya telah menyurvei lokasi di mana air bersih ini akan didistribusikan. "Tentunya daerah yang sering terjadi gangguan air PDAM, seperti di Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang, dan wilayah Joyo Grand Kecamatan Lowokwaru," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement