Senin 07 Aug 2023 12:15 WIB

Diikuti Belasan Ribu Peserta, SMA Pradita Dirgantara Turut Pecahkan Rekor Dunia Angklung

Ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung pelestarian budaya bangsa.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Para peserta dari SMA Pradita Dirgantara yang ikut andil dalam proses pemecahan rekor dunia angklung.
Foto: Dokumen
Para peserta dari SMA Pradita Dirgantara yang ikut andil dalam proses pemecahan rekor dunia angklung.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) turut berpartisipasi dalam pemecahan rekor dunia atau disebut Guinness World of Records (GWR) Angklung 2023 yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (5/8/2023).

Rekor pergelaran angklung tersebut juga dicatat oleh Guinness World Records (GWR). Sedangkan pesertanya mencapai 15.110 orang dari seluruh penjuru Nusantara.

Pemecahan rekor dunia ini diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yang merupakan perhimpunan istri-istri anggota kabinet Indonesia Maju dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung pelestarian budaya bangsa.

Seperti diketahui, angklung juga telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Founder SMA PD, Nanny Hadi Tjahjanto, mengaku bangga dan memberikan semangat kepada 80 siswa SMA PD yang hadir di GBK kemarin. “Keikutsertaan ini adalah wujud cinta siswa-siswi Pradita terhadap budaya Indonesia. Terbukti, tidak hanya di Jawa Barat, angklung ini dicintai oleh seluruh masyarakat Indonesia,” kata Nanny, Senin (7/8/2023).

Bersama ribuan peserta lainnya, siswa SMA PD turut menyanyikan lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan lagu Wind of Change yang dipopulerkan grup musik legendaris Scorpions. Di kesempatan ini, seluruh peserta dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

Pihaknya juga mengatakan di acara tersebut hadir juga Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Mereka didampingi oleh Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden, Hj Wury Estu Ma’ruf Amin.

Pihaknya menceritakan bahwa Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin juga turut memainkan alat musik yang berasal dari Jabar ini. Terdapat juga anggota OASE KIM, para pegawai negeri sipil dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar, dan lain-lain.

Di penghujung acara, delegasi SMA PD turut foto bersama menunjukkan sertifikat GWR 2023 dengan penilai resmi UNESCO Sonia Usirogochi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian didampingi Nanny Hadi Tjahjanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement