Sabtu 12 Aug 2023 00:40 WIB

Ioniq 5 dan 6 akan Jadi Mobil Resmi KTT ASEAN ke-43

Ioniq 5 akan digunakan sebagai kendaraan protokol, pengamanan dan operasional.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Hyundai serahkan IONIQ 5 dan IONIQ 6 sebagai mobil resmi untuk ASEAN Summit ke 43 dab Archipelagic and Island States Summit 2023.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Hyundai serahkan IONIQ 5 dan IONIQ 6 sebagai mobil resmi untuk ASEAN Summit ke 43 dab Archipelagic and Island States Summit 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) turut mendukung kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-43 dan KTT Negara Pulau dan Kepulauan (AIS) 2023. HMID mewujudkan dukungan ini dengan menyediakan ratusan mobil listrik Ioniq 5 dan Ioniq 6 untuk menunjang mobilitas para tamu negara yang berpartisipasi dalam kedua KTT tersebut.

"Merupakan kehormatan bagi kami bisa mendukung Indonesia sebagai tuan rumah dari acara-acara yang sangat signifikan ini," ujar Presiden Direktur HMID Woojune Cha dalam seremoni serah-terima Ioniq 5 dan Ioniq 6 untuk penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 dan KTT AIS 2023 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga

Untuk KTT ASEAN ke-43, Hyundai menyerahkan 272 unit Ioniq 5 dan 74 unit Ioniq 6. Sedangkan untuk KTT AIS 2023, Hyundai akan meminjamkan 156 unit Ioniq 5 dan 52 unit Ioniq 6. Mobil-mobil ini akan menjadi kendaraan resmi bagi para delegasi yang berpartisipasi dalam kedua ajang internasional tersebut.

"Hari ini kami akan menyerahkan 364 Ioniq 5 DAN Ioniq 6 untuk KTT ASEAN ke-43 dan 208 unit Ioniq 5 dan Ioniq 6 untuk KTT AIS 2023," tambah Cha.

Selama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 dan KTT AIS 2023, mobil listrik Ioniq 6 akan menjadi kendaraan untuk para pasangan delegasi VVIP. Sedangkan mobil listrik Ioniq 5 akan digunakan sebagai kendaraan protokol, pengamanan, penyelamatan, dan operasional bagi para panitia nasional.  

"(Kehadiran mobil listrik ini diharapkan dapat) mendorong era elektrifikasi industri otomotif Indonesia, serta menjadi solusi mobilitas terbarukan untuk rakyat Indonesia," papar Cha.

Mewakili pemerintah Indonesia dan juga panitia nasional penyelenggara KTT ASEAN ke-43 dan KTT AIS 2023, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia Setya Utama menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak HMID. Setya mengungkapkan bahwa ini bukan kali pertama Hyundai memberikan dukungan kepada Pemerintah Indonesia melalui penyediaan mobil listrik.

Sebelumnya, Hyundai juga menyediakan mobil listrik sebagai kendaraan resmi untuk gelaran G20 dan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. Saat KTT ASEAN ke-42 misalnya, HMID menyediakan 117 unit Ioniq 5 sebagai kendaraan resmi operasional negara-negara peserta. Sedangkan saat penyelenggaraan G20, HMID menyediakan 450 unit mobil listrik yang terdiri atas Genesis Electrified G80 dan Ioniq 5.

Demi memastikan pengalaman mobilitas terbaik bersama Ioniq 5 dan Ioniq 6 selama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 dan KTT AIS 2023, Hyundai mengadakan pelatihan untuk Paspampres yang akan bertanggung jawab dalam mengendarai armada-armada tersebut untuk para delegasi. Pelatihan ini mencakup pengenalan fungsi kendaraan dan pengalaman berkendara bagi seluruh aparat yang terlibat.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi PT HMID yang selalu mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan ekosistem mobil berenergi bersih," ujar Setya.

Peran Hyundai di KTT ASEAN ke-43 dan KTT AIS 2023 merupakan kelanjutan dari dukungan nyata Hyundai terhadap Indonesia di kancah internasional. Dukungan ini khususnya terkait visi dan misi Indonesia mengenai sustainabilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement