Senin 14 Aug 2023 04:04 WIB

Raimuna Nasional Kembali Digelar di Cibubur, DIY Kirim 164 Kontingen

Akan ada pendamping daerah yang ikut membersamai para peserta.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, melepas 164 kontingen daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang akan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII, di Serambi Masjid Agung Dr Wahidin Soedirohoesodo Sleman.
Foto: Dokumen
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, melepas 164 kontingen daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang akan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII, di Serambi Masjid Agung Dr Wahidin Soedirohoesodo Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, melepas 164 kontingen dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang akan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII, di Serambi Masjid Agung Dr Wahidin Soedirohoesodo Sleman. Kegiatan tersebut kembali digelar usai tertunda akibat pandemi Covid-19.

Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan okeh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Raimuna Nasional XII 2023.

Danang menyampaikan kontingen bukan hanya sebagai wakil organisasi Pramuka, namun juga menjadi duta daerah. Oleh karena itu, ia berpesan agar para kontingen dapat menjaga nama baik DIY dengan mengikuti kegiatan secara tertib dan bertanggungjawab.

Selain itu, Danang menyampaikan, keikutsertaan kontingen DIY, khususnya dari Kabupaten Sleman, dapat sekaligus menjadi media untuk memperkenalkan potensi daerah, seperti kebudayaan, produk UMKM hingga destinasi wisata. Sehingga diharapkan potensi lokal yang dimiliki Sleman dan DIY dapat semakin dikenal masyarakat luas.

Wabup juga berpesan kepada para peserta agar memanfaatkan kesempatan baik ini untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, ilmu yang didapat mampu menjadi bekal untuk mengembangkan diri dan memajukan gerakan kepanduan untuk masyarakat luas.

"Manfaatkan Raimuna Nasional ini untuk meningkatkam kemampuan dan pengembangan diri, bagi kemajuan gerakan kepanduan di Sleman maupun masyarakat luas di Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Danang.

Pimpinan kontingen DIY, Nur Rahmad Hanafi, melaporkan Raimuna Nasional XII merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas anggota Pramuka penegak dan pandega. Acara yang dilaksanakan setiap lima tahun itu, akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, selama 10 hari.

Ia menambahkan, 164 kontingen DIY terdiri dari 36 kontingen Sleman, 36 kontingen Bantul, 27 kontingen Kota Yogyakarta, 36 kontingen Kulonprogo, 20 kontingen Gunungkidul, dan unsur daerah 10 orang.

"Sebanyak 164 peserta dari DIY akan melaksanakan kegiatan mulai dari pelepasan kontingen pada 12 Agustus hingga penerimaan kembali di 21 Agustus mendatang. Nantinya akan ada pendamping daerah yang ikut membersamai peserta hingga kegiatan selesai," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement