Jumat 18 Aug 2023 15:12 WIB

Cara Polres Malang Rayakan HUT RI: Inisiasi Gerakan Tanam 1.000 Pohon

Langkah ini untuk membangun lingkungan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
 Polres Malang melakukan gerakan penanamam 1.000 pohon di sejumlah area di Kabupaten Malang dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI.
Foto: Dokumen
Polres Malang melakukan gerakan penanamam 1.000 pohon di sejumlah area di Kabupaten Malang dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ada banyak cara untuk memeriahkan dan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan melaksanakan gerakan penanaman 1.000 pohon yang dilaksanakan jajaran Polres Malang, Jawa Timur.

Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik menyatakan, pihaknya berusaha mengambil langkah proaktif dalam menjaga lingkungan dan bumi yang lebih baik dengan turut serta dalam gerakan penanaman 1.000 pohon. Inisiatif ini bertujuan untuk meminimalisasi risiko bencana banjir.

"Dan mengurangi dampak dari pemanasan global yang semakin meresahkan," kata pria disapa Taufik tersebut saat dikonfirmasi. Menurut dia, penanaman pohon ini memiliki dampak positif yang luar biasa.

Terutama dalam mengatasi masalah banjir serta mengurangi ancaman pemanasan global. Pohon-pohon yang ditanam akan membantu menyerap air, mengurangi aliran air yang meluap.

Kemudian juga akan memberikan manfaat berkelanjutan dalam mengendalikan suhu udara di wilayah sekitar. Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat kepolisian dengan masyarakat.

Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini, menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

Selain itu, kegiatan itu juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik. Dengan melibatkan Polsek jajaran Polres Malang, harapannya pesan-pesan positif tentang perlunya menjaga alam dan bumi dapat sampai dengan lebih luas ke masyarakat.

Selain penanaman pohon, Polres Malang juga terus menggelar berbagai kegiatan sosial dan edukatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Semua langkah ini ditujukan untuk membangun lingkungan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Dengan upaya yang terus dilakukan oleh Polres Malang dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan bahwa lingkungan yang lebih baik, hijau, dan berkelanjutan dapat menjadi warisan berharga bagi anak cucu bangsa.

"Aksi penanaman pohon ini menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus menjaga dan merawat alam demi masa depan yang lebih baik," kata dia menambahkan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement