Selasa 29 Aug 2023 08:34 WIB

Ditaklukkan PSM Makassar, Pelatih Persis: Tim Bermain Kurang Baik di Babak Pertama

PSM mencetak gol melalui set-piece dan memanfaatkan second ball dengan baik.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Pemain Persis Moussa Sidibe berusaha menerobos pertahanan PSM Makassar, Senin (28/8/2023).
Foto: Dokumen
Pemain Persis Moussa Sidibe berusaha menerobos pertahanan PSM Makassar, Senin (28/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis Solo harus mengakui keunggulan PSM Makassar di laga tandang pekan ke-10 Liga 1 2023/2024. Bermain di Stadion Gelora HJ Habibie, laskar Sambernyawa gagal mendulang poin setelah kalah dari Juku Eja dengan skor tipis 1-0.

Pelatih Persis Solo Leonardo Medina mengatakan performa timnya kurang apik selama babak pertama. Ia pun berusaha merotasi pemainnya untuk meningkatkan serangan meskipun belum membuahkan hasil hingga wasit meniup peluit.

“Kita bermain kurang baik di babak pertama dan berusaha untuk memperbaiki situasi selama babak kedua berjalan. Kita mencoba untuk tingkatkan serangan, namun belum berhasil mendapatkan hasil yang lebih baik. PSM bisa memanfaatkan keunggulan dengan baik selama pertandingan berlangsung," kata Leo, Senin (28/8/2023).

Ia menegaskan telah mempersiapkan sejumlah latihan untuk menghadapi kemampuan second ball milik PSM Makassar. Namun mereka justru berhasil menjebol gawang Persis menggunakan hal tersebut usai Kenzo Nambu berhasil memanfaatkan bola liar yang ditepis kiper Persis Pancar Widiastono.

 

“Mereka mencetak gol melalui set-piece dan memanfaatkan second ball dengan baik, seperti yang sudah saya bahas sebelumnya. Kita berusaha untuk mengatasi hal itu, tapi inilah sepak bola. Terkadang situasi berjalan berbeda ketika pertandingan berlangsung,” katanya.

Leo juga mengaku absennya beberapa pemain kunci seperti Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, dan Kanu Helmiawan pasca membela Timnas U-23 di ajang AFF U-23 Championship tidak menjadi persoalan besar. Pasalnya, timnya bermain secara kolektif dan tidak hanya bergantung kepada satu sosok pemain saja.

“Setelah bermain bersama Timnas U-23, mereka (Sananta, Jauhari, dan Kanu) membutuhkan waktu istirahat terlebih dahulu. Persis bukanlah tim yang hanya bergantung pada satu pemain, melainkan bermain secara kolektif," ujar dia.

Kesempatan tersebut juga memberikan ruang lebih bagi striker muda Persis Arkhan Kaka menit bermain.“Kita juga memiliki pemain Arkhan Kaka yang masih akan berkembang dengan baik untuk di masa yang akan datang,” lanjutnya.

Sementara itu, bek Persis Eky Taufik menuturkan akan kembali fokus meningkatkan permainan. Pasalnya setelah laga ini mereka akan bermain tandang lagi menghadapi Barito Putera.

“Pertandingan hari ini menjadi pelajaran bagi kami dan harus melakukan evaluasi sesegera mungkin. Pertandingan selanjutnya kita akan kembali bermain tandang untuk menghadapi Barito Putera," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement