Rabu 06 Sep 2023 00:42 WIB

Pengenalan Lingkungan Kampus, Ribuan Maba UMY Ikuti Mataf 2023

Mereka mengadakan acara Achasa Perkasa dimulai dengan senam bersama.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan senam bersama menjadi salah satu acara dalam Mataf 2023 UMY.
Foto: Dokumen
Kegiatan senam bersama menjadi salah satu acara dalam Mataf 2023 UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sebanyak 4.600 mahasiswa baru UMY angkatan 2023 antusias mengikuti senam bersama dengan jajaran pimpinan UMY. Menggagas tagline Melintas Zaman, Mengukir Masa Depan, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar 'Achasa Perkasa' yang merupakan rangkaian acara Masa Ta’aruf (Mataf) UMY 2023.

Achasa Perkasa dimulai dengan senam bersama, flashmob, hingga pembagian door prize menarik. Acara ini digelar pada Selasa (5/9/2023) di pelataran Sportorium UMY. Achasa Perkasa yang dibersamai dengan kegiatan Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa (Serasa Masa) ini dimulai dengan senam bersama mahasiswa baru dan sivitas akademika UMY.

Sebelum senam bersama dilangsungkan, Rektor UMY Prof Gunawan Budianto menyampaikan, Achasa Perkasa juga bertujuan untuk memperkenalkan sivitas akademika UMY kepada para mahasiswa baru UMY angkatan 2023.

"Achasa Perkasa pada hari ini selain senam bersama dan serasa masa, tetapi juga ajang untuk memperkenalkan pimpinan universitas dan dekan serta direktur program yang ada di UMY," ungkap Gunawan.

Achasa Perkasa merupakan acara pra mataf yang diselenggarakan untuk menjalin hubungan baik antara mahasiswa baru UMY dengan pimpinan dan sivitas akademika UMY. Selain itu, Achasa Perkasa ini juga untuk memperkenalkan civitas akademika UMY, baik dari pimpinan universitas hingga dekan dan direktur program.

Achasa yang merupakan panggilan mahasiswa baru UMY ini diangkat dari bahasa Sansekerta yang berarti langit dan ruang terbuka. Panggilan ini digunakan pada Mataf UMY 2023 dengan harapan agar Achasa Muda bersemangat dalam memasuki pintu persiapan untuk menjadi pemimpin atas diri sendiri dan dalam ruang yang lebih luas.

Belinda Salwa Akmalia S, mahasiswa baru UMY tahun 2023 Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, menyampaikan rasa senangnya setelah mengikuti Achasa Perkasa. Ia juga berharap pelaksanaan acara puncak Mataf UMY 2023 bisa berjalan lancar.

“Semoga Mataf UMY 2023 pada 11 September 2023 nanti berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Serta saya berharap acara nanti akan semakin seru dari hari ini,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement