Rabu 06 Sep 2023 16:24 WIB

Pj Gubernur Jateng Siap Pertahankan Fondasi Integritas Birokrasi yang Dibangun Ganjar

OPD diminta untuk terus berhati-hati dalam mengelola keuangan/anggaran.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, didampingi Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan, usai acara serah terima jabatan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Rabu (6/9/23).
Foto: Republika/Bowo pribadi
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, didampingi Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan, usai acara serah terima jabatan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Rabu (6/9/23).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Nana Sudjana resmi melaksanakan tugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah. Serah terima jabatan dari Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023 kepada Pj Gubernur Nana Sudjana berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks kantor Setda Provinsi Jateng, Kota Semarang, Rabu (6/9/2023).

Mengawali pidatonya sebagai Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana menegaskan, siap melanjutkan kerja positif yang telah dilakukan Ganjar Pranowo yang telah 10 tahun memimpin Jateng.

Ia menilai, Ganjar Pranowo telah membangun fondasi integritas yang kuat dan tata kelola pemerinthan yang baik selama dua periode memimpin Jateng bersama-sama dengan Taj Yasin Mimoen.

Untuk itu, Nana juga mengingatkan kepada kepala daerah serta jajaran Organisasi Perangkat daerah (OPD) untuk terus berhati-hati dalam mengelola keuangan/anggaran.

Sehingga persoalan korupsi yang seringkali masih muncul di lingkungan pemerintahan, tidak terjadi di Jateng. “Makanya saya minta dan integritas dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel terus dipertahankan,” ungkapnya.

Nana juga menyebut, budaya birokrasi bersih berintegritas dan pelayanan yang baik kepada  masyarakat yang telah dibangun dalam 10 tahun juga harus ditingkatkan lagi melalui penguatan sinergitas seluruh unsur pemangku kepentingan dan masyarakat di Jateng.

“Saya berharap kepada seluruh rekan-rekan OPD dan seluruh unsur masyarakat untuk bisa bersinergi melanjutkan kerja-kerja pembangunan kita,” lanjutnya.

Sebagai penerima mandat pj gubernur, masih lanjut Nana, ia pun siap untuk melanjutkan kinerja baik yang telah dilaksanakan Ganjar Pranowo di Pemprov Jateng.

Untk itu, ia juga mengharapkan dukungan dari para OPD dan para pemangku kepentingan lainnya. Maka atas nama keluarga besar pemprov, Nana juga berterima kasih dan mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan Ganjar Pranowo dan Gus Yasin.

 “Insya Allah ke depan saya akan terus melanjutkan dengan inovasi terkait serta menyesuaikan dengan perkembangan dan situasi yang terjadi,” ungkap Nana.

Terpisah, Ganjar Pranowo yakin dengan kinerja Nana Sudjana yang telah lama berkiprah di kepolisian dan tidak asing dengan Jateng.

Menurutnya, pj gubernur mempunyai kapasitas kepemimpinan yang mumpuni dan mampu membawa Jateng bisa lebih baik lagi. Karena saat masih aktif bertugas di institusi kepolisian pernah menjabat di Jateng.

“Saya berharap Pak Nana beserta ibu dengan semangat kerja baru, mudah-mudahan selama satu tahun ke depan Pak Nana akan membawa Jateng lebih baik dan lebih maju,” tegas Ganjar.

Seperti diketahui, Nana Sudjana yang merupakan lulusan Akademi Polisi 1988, pernah memegang sejumlah jabatan strategis di Korps Bhayangkara, antara lain pernah menjabat kapolresta Solo dan dirintelkam Polda Jateng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement