Ahad 10 Sep 2023 13:02 WIB

Perjalanan KA Bertambah, Warga Diimbau Hati-Hati Lewati Perlintasan Sebidang

Kecepatan kereta api yang melintas rata-rata di atas 100 kilometer per jam.

Pengendara motor melintas di perlintasan sebidang kereta api (KA) ilustrasi
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pengendara motor melintas di perlintasan sebidang kereta api (KA) ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta meminta masyarakat Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhati-hati saat melewati perlintasan sebidang karena banyaknya perjalanan KA di daerah itu.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan dengan beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta Baru dan kereta bandara, perjalanan kereta api bertambah banyak.

"Kami mengharapkan pengertian masyarakat, setelah beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta, kereta api yang melintas sebanyak 120 kereta. Untuk itu, mengimbau masyarakat hati-hati saat melintas jalur kereta," kata Franoto.

Ia mengatakan kecepatan kereta api yang melintas rata-rata di atas 100 kilometer per jam. Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat, khususnya pengendara lebih berhati-hati saat melewati perlintasan sebidang, sebab dampaknya bisa fatal jika kurang waspada.

"Tak hanya bagi keselamatan pengendara tapi juga kereta dan penumpangnya," jelasnya.

Meski begitu, Franoto menilai sejauh ini pengendara di Kulonprogo terbilang tertib sebab tidak banyak yang nekat menerobos perlintasan sebidang saat palang pintu ditutup.

KAI Daop 6 juga terus berupaya meningkatkan kesadaran pengguna jalan. Pihaknya tidak ingin terjadi kecelakaan di perlintasan kereta. "Sosialisasi keselamatan ke masyarakat terus kami lakukan," kata Franoto.

Seorang warga Kulonprogo, Fajar mengatakan, di perlintasan kereta api Teteg Kulon di Wates saat kereta api melintas sering terjadi kemacetan, khususnya saat jam kerja dan masuk/pulang sekolah.

"Kami berharap ada perhatian dari Pemkab Kulonprogo dan PT KAI," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement