Selasa 12 Sep 2023 16:05 WIB

Pemadaman Lewat Udara di Kawasan Bromo Terkendala, Kalaksa BPBD Ungkap Penyebabnya

Dua helikopter harus dialihkan ke Gunung Arjuno.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Tim gabungan melakukan pembasahan ke wilayah bekas kebakaran di kawasan Gunung Bromo, Selasa (12/9/2023).
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Tim gabungan melakukan pembasahan ke wilayah bekas kebakaran di kawasan Gunung Bromo, Selasa (12/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG --  Pemadaman api melalui lewat udara di kawasan Gunung Bromo terkendala angin kencang. Sebab itu, pemadaman dan pembasahan area bekas kebakaran hanya dapat melalui darat.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur (Jatim), Gatot Soebroto mengatakan, pihaknya sebelumnya sempat mencoba melakukan water bombing (pemadaman udara) pada Selasa (12/9/2023) pagi.

Baca Juga

"Kita coba dua kali terbang di sini ternyata masih ada angin di sini dan itu berisiko untuk dilakukan wb (water bombing) sehingga melakukan upaya pemadaman darat," jelas Gatot saat ditemui wartawan di Pos Jemplang Kawasan Gunung Bromo, Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang (12/9/2023).

Akibat kondisi ini, maka dua helikopter pun harus dialihkan ke Gunung Arjuno. Sebagaimana diketahui, wilayah Gunung Arjuno juga mengalami kebakaran hingga 12 September 2023. Saat ini tim gabungan masih tengah berusaha melakukan pemadaman dan pembasahan di area bekas kebakaran.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (BB TNBTS), Hendro Wijanarko menambahkan, setidaknya ada 70 petugas yang diturunkan untuk melakukan penanganan kebakaran di kawasan Gunung Bromo. Semuanya terdiri atas tim dari BB TNBTS, BPBD, TNI, Polri dan relawan. "Dari masyarakat juga ada dari Ngadas, Ranupani, Duwet. Dari Wonokitri juga sudah di lapangan," jelasnya.

Sebelumnya, BB TNBTS telah menutup total seluruh akses masuk ke kawasan wisata Gunung Bromo. Penutupan ini berlangsung mulai 10 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB sampai waktu yang belum dapat ditentukan. Keputusan ini diambil mengingat Gunung Bromo masih mengalami kebakaran akibat pemotretan prewedding yang menggunakan flare. 

Gunung Bromo termasuk gunung berapi aktif di wilayah Jawa Timur (Jatim). Gunung berketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini berada di empat kabupaten. Yakni, di Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement