Rabu 13 Sep 2023 14:50 WIB

Moehi National Competition Kembali Digelar, Tahun Ini Pertandingkan 17 Lomba

Semua adalah pemenang bagi diri sendiri.

Rep: My43/ Red: Yusuf Assidiq
Penyerahan piagam dan uang pembinaan peserta Moehi National Competition #8 2023.
Penyerahan piagam dan uang pembinaan peserta Moehi National Competition #8 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Moehi National Competition (Monaco) yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kembali digelar. Pada 2023 ini, Monaco kembali hadir dengan diselenggarakannya berbagai lomba tingkat nasional.

Pada 9 September 2023, Monaco #8 resmi dibuka. Dalam kegiatannya, Monaco menghadirkan 17 macam perlombaan dengan sistem online, offline, dan hybrid.

Setelah acara Monaco #8 dibuka pada Sabtu lalu, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan tiap cabang lomba yang menjadi penutup acara Monaco bertempat di Graha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Ketua Pelaksana Monaco Moehi #8 2023, Wigar Adika, mengungkapkan serangkaian lomba yang telah diselenggarakan pada Monaco #8 tahun ini. Antara lain Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade Matematika, Debat Bahasa Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang, Band Competition, Cipta Puisi.

Kemudian, lomba Fotografi, Tapak Suci Fighting, Lomba Lintas Alam, Basket, Dai Muda, Muhasabah Hifdzil Quran (MHQ), Muhasabah Tilawatil Quran (MTQ), Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI), Story Telling, dan Speech Contest.

Saat penutupan acara pada 10 September 2023 lalu, Wigar menyampaikan beberapa harapan kepada partisipan yang akan mengikuti The Next Monaco Moehi pada tahun berikutnya. “Tetap semangat untuk melangkah maju ke depan, persiapkan untuk kompetisi berikutnya, kami tunggu pada Monaco #9,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, H Herynugroho, menyampaikan para peserta harus terus optimistis dan semangat dalam belajar dan mencari pengalaman. Siapapun yang menjadi pemenang janganlah cepat puas diri, terus kembangkan bakat dan cari pengalaman.

"Bagi peserta yang belum berhasil jangan berkecil hati dan putus asa, karena semua adalah pemenang bagi diri sendiri,” kata dia.

Hery juga menambahkan bahwa dengan adanya Monaco ini Moehi dapat dikenal oleh seluruh pendidik di berbagai daerah, dan sebagai ajang dengan manfaat besar bagi kalangan pelajar untuk mengasah minat dan bakatnya. Diharapkan Monaco selanjutnya dapat selalu istiqomah dalam berprogres, agar terus memenuhi target yang diharapkan.

Setelah pengumuman juara pada tiap bidang lomba, acara ditutup secara meriah dengan adanya penampilan para panitia pelaksana, menarikan koreografi yang energik dan semangat. Para peserta dan pembimbing lomba tampak antusias mengikuti acara penutupan Monaco Moehi #8.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement