Rabu 20 Sep 2023 15:10 WIB

Jadi Warisan Dunia, Pemkot Yogyakarta Perkuat Narasi Sumbu Filosofi untuk Pariwisata

Diharapkan wisatawan mendapat pengalaman lebih mendalam mengenai Sumbu Filosofi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Informasi terkait pengajuan Sumbu Filosofi Yogyakarta menjadi warisan dunia UNESCO di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Informasi terkait pengajuan Sumbu Filosofi Yogyakarta menjadi warisan dunia UNESCO di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemkot Yogyakarta akan meningkatkan narasi atau storytelling objek wisata Sumbu Filosofi, menyusul penetapannya sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Penetapan Sumbu Filosofi sebagai Warisan Budaya Dunia ditetapkan oleh Komite Warisan Dunia PBB melalui UNESCO dalam Sidang Luar Biasa ke-45 di Riyadh, Arab Saudi, yang berlangsung pada 10 sampai 25 September 2023.

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menjelaskan dalam pengembangan kawasan wisata, pemkot berbagi tugas dengan Pemprov DIY. Untuk pembangunan infrastruktur dilakukan oleh Pemprov DIY, sedangkan operasional dilakukan oleh Pemkot Yogyakarta.

"Kegiatan, penjagaan, kebersihan, dan sebagainya, jadi kami akan lebih menambah dosisi untuk beberapa komponen itu dan untuk menjaga kenyamanan para wisatawan maupun warga di kota Jogja yang ingin menikmati Sumbu Filosofi itu," ujar Singgih Raharjo kepada Republika, Rabu (20/9/2023).

Sumbu Filosofi Yogyakarta merupakan konsep tata ruang Keraton Yogyakarta yang dibentuk oleh Sultan Hamengku Buwono I pada abad ke-18 dan terdiri dari Tugu Pal Putih, Malioboro, hingga Panggung Krapyak. Singgih mengungkapkan nantinya pemkot akan mengedepankan narasi mengenai hal ini untuk menarik para wisatawan.

Nantinya paket-paket wisata di Yogyakarta akan menjelaskan mengenai hal tersebut, sehingga wisatawan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam mengenai Sumbu Filosofi.

"Kalau tidak ada narasi, mereka hanya akan ke Tugu lalu foto dan selesai, tanpa bisa memaknai dan mengerti tentang apa filosofi dari Tugu Pal Putih seperti apa. Ini yang terus akan kita hidupkan," ujar Singgih.

Meski telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia, kata Singgih, pemkot tidak secara spesifik menargetkan kenaikan jumlah wisatawan dari narasi tersebut. Dijelaskan, Pemkot Yogyakarta menargetkan dari segi kualitas yakni dengan lama kunjungan (length of stay) dan belanja wisatawan (spending).

"Kalau kita lihat handling tamu 100 orang dan 1,000 orang, pasti enak yang 100 orang. Nah, bisa tidak yang 100 ini perputaran uangnya juga sama dengan yang 1,000, kira-kira seperti itu. Bukan semata-mata tentang kemudian pariwisata berkualitas itu harus mahal, tapi kemudian experience itu menjadi ukuran," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement