Senin 25 Sep 2023 16:11 WIB

Sekjen PDIP: Rakernas IV Bahas Kedaulatan Pangan dan Pilpres 2024

PDIP ingin mewujudkan kemajuan pangan melalui hulu.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Yusuf Assidiq
Sekretaris Jenderal Partai Demorkasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menjelaskan tema Rakernas IV PDIP yang digelarv 29 September hingga 1 Oktober 2023, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (25/9/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekretaris Jenderal Partai Demorkasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menjelaskan tema Rakernas IV PDIP yang digelarv 29 September hingga 1 Oktober 2023, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (25/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) IV pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 mendatang. Forum tersebut akan mengangkat tema Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat.

Terdapat tiga agenda utama pelaksanaan Rakernas IV PDIP. Pertama, berbicara soal kedaulatan pangan yang akan digelar pada 29 Oktober 2023. Kedua, membicarakan strategi pemenangan pemilihan legislatif (Pileg) 2024 pada 30 Oktober 2023.

"Hari ketiga baru bahas pilpres, sehingga ini satu napas," ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Forum tersebut juga akan dihadiri Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang turut mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Menteri dari Kabinet Indonesia Maju juga dijadwalkan hadir dalam Rakernas IV PDIP.

Lanjutnya, Rakernas IV PDIP ini akan menempatkan petani dan nelayan sebagai pusat dalam masa depan bagi Indonesia yang berdikari di bidang pangan. PDIP ingin mewujudkan kemajuan pangan melalui hulu yang mengedepankan penguasaan ilmu pengetahuan, riset, dan inovasi.

"Jadi, nanti politik panganlah yang nanti oleh Bu Megawati, akan beliau sampaikan sebagai perhatian utama kita," ujar Hasto.

Kendati demikian, Rakernas IV tak menjadi forum bagi PDIP untuk membahas atau mengumumkan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo. Fokus dari acara tersebut adalah mewujudkan kepemimpinan strategis di bidang pangan.

"Terkait cawapres siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo, nanti pada momentum yang tepat karena pendaftaran di KPU itu baru dilakukan pada 19 Oktober. Dimulai 19 Oktober kalau tidak salah sampai 25 (Oktober)," katanya.

"Jadi, skala prioritas sekarang adalah mempertajam narasi tentang masa depan Indonesia yang akan diusung oleh Pak Ganjar," tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement