Rabu 04 Oct 2023 10:38 WIB

'Wayang Jogja Night Carnival' Kembali Digelar, Panitia Siapkan 400 Kursi Berbayar

Ini juga merupakan bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Peserta mengikuti pawai saat acara Wayang Jogja Night Carnival tahun lalu (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Peserta mengikuti pawai saat acara Wayang Jogja Night Carnival tahun lalu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota Yogyakarta didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan kembali menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-267 Kota Yogyakarta setiap 7 Oktober. WJNC akan berlangsung pada 7 Oktober 2023 pukul 18.30 WIB secara hybrid dari kawasan Tugu Yogyakarta.

"Kami dukung terus karena kalau dilihat ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta sudah banyak sekali kemajuan pascapandemi," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya.

WJNC tahun ini merupakan event yang ke-8. WJNC merupakan bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara yang menyuguhkan karnaval jalanan dengan konsep street art. Dengan menggabungkan tokoh dan lakon pewayangan serta penampilan yang melibatkan seni koreografi, busana, serta musik kontemporer.

Untuk tema yang diangkat dalam WJNC 2023 adalah 'Pandawa Mahabiseka'. Sebuah filosofi kepemimpinan yang bijaksana serta mengungkapkan suka cita atas rasa syukur kepada Tuhan YME.

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menjelaskan pada penyelenggaraan WJNC tahun ini akan disediakan tribun khusus sebagai bentuk apresiasi. Panitia akan menyediakan sebanyak 400 kursi berbayar yang diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang menonton petunjukan WJNC.

“Saya ingin mengajak seluruh wisatawan untuk bisa datang ke Yogyakarta menikmati Wayang Jogja Night Carnival dan tentunya saya mengundang Mas Menteri untuk datang ke WJNC. Karena kita punya target 40 ribu lebih wisatawan yang datant menikmati pertunjukan ini," kata Singgih.

Singgih juga mengimbau wisatawan untuk tidak perlu khawatir soal ketersediaan kamar hotel. Sebab menurutnya Yogyakarta memiliki beragam pilihan penginapan yang bisa menjadi alternatif wisatawan.

Mulai dari bintang tiga, bintang lima, hingga homestay yang disediakan di kampung-kampung wisata. "Kampung wisata sangat welcome dengan wisatawan dan pilihannya cukup banyak," ungkapnya.

Kadispar Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menambahkan pihaknya siap menggerakkan seluruh potensi UMKM ekonomi kreatif di Kota Yogyakarta yang dikenal dengan keunggulannya dalam kuliner, fesyen, dan kriya.

"Ada kelompok UMKM yang siap untuk meramaikan kegiatan ini. Kami juga menantikan kehadiran Mas Menteri untuk membersamai seluruh masyarakat Kota Yogyakarta yang sedang akan merayakan HUT ke-267," kata Wahyu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement