Kamis 05 Oct 2023 13:07 WIB

BI Solo Ganti Uang Milik Korban Kebakaran Joyosudiran

Soud turut serta membawa uang yang terbakar.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Salah seorang warga Joyosudiran, Sih Hono, melihat rumahnya yang hangus terbakar.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Salah seorang warga Joyosudiran, Sih Hono, melihat rumahnya yang hangus terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Soud binti Abdul Kadir Al Jufri sedikit bernapas lega usai Perwakilan Bank Indonesia Solo mengganti uang akibat kebakaran di Kampung Joyosudiran, Pasar Kliwon, Solo beberapa waktu lalu. 

Pelaksana tugas (Plt) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kota Solo, Bimala mengatakan uang yang diganti tersebut besarnya Rp 9.150.000. Ia mengatakan. Ia juga mengatakan langsung mendatangi rumah korban usai videonya tersebar. 

Baca Juga

"Karena ini musibah, kami prihatin dan ikut membantu supaya tadi korban ini tidak terlalu down jadi itu kami sudah teman-teman mencari rumah beliau dan bisa ketemu siang kemudian beliau diajak ke kantor," kata Bimala, Kamis (5/10/2023).

Pihaknya menjelaskan korban datang ke Bank Indonesia Solo bersama keponakannya, Rabu (5/10/2023). Ia turut serta membawa uang yang terbakar. Namun, dari hasil identifikasi uang yang dapat diganti senilai Rp 9.150.000.

 

"Setelah diteliti keasliannya itu ada Rp 9.150.000 meskipun waktu itu Ibu Soud menyatakan ada Rp 8 juta. Rp 9 juta berupa uang Rp 100 ribu dan Rp 150 berupa 50 ribuan," ungkapnya. 

"Meskipun terbakar ibunya rapi menaruh uang, jadi mempermudahkan identifikasi untuk meneliti lembar demi lembarnya. Tidak ada kendala selama identifikasi tadi," katanya menambahkan.

Pihaknya berharap uang yang diganti tersebut dapat meringankan beban korban kebakaran di kampung Joyosudiran. "Semoga bantuan kami dapat sedikit meringankan beban Ibu Soud dan mengimbau agar masyarakat dapat segera menyetorkan uang tunainya ke bank agar lebih aman dan selanjutnya bertransaksi secara non tunai," katanya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement