Ahad 15 Oct 2023 08:04 WIB

IPM DIY Gelar Musywil XXIII di Universitas Ahmad Dahlan

IPM memiliki delapan program prioritas sesuai arahan Muktamar Muhammadiyah di Solo.

Musyawarah Wilayah (Musywil) XIII IPM DIY yang digelar di Amphiteater Fakultas Kedokteran UAD Kampus 4, Sabtu (14/10/2023).
Foto: Republika/Fernan Rahadi
Musyawarah Wilayah (Musywil) XIII IPM DIY yang digelar di Amphiteater Fakultas Kedokteran UAD Kampus 4, Sabtu (14/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Musyawarah Wilayah (Musywil) XIII IPM DIY, Sabtu (14/10/2023). Acara bertema ‘Madhep, Mantep, Manetep’ ini digelar di Amphiteater Fakultas Kedokteran UAD Kampus 4.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IPM DIY, Racha Julian Chairurrizal, mengatakan kegiatan ini memiliki urgensi yang tinggi. "Hal tersebut dikarenakan secara struktural dan regenerasi ide dan gagasan IPM harus berkiblat ke Muhammadiyah," kata pria yang akrab disapa Raju itu, Sabtu.

Raju menambahkan, IPM memiliki delapan program prioritas sesuai arahan Muktamar Muhammadiyah di Solo akhir tahun lalu, salah satunya adalah melakukan dakwah terhadap generasi muda yakni generasi milenial, generasi Z, dan generasi alpha.

"Sebagai program prioritas kita tentunya harus terus mengembangkan, mengelaborasi, dan mengolaborasikan program dakwah tersebut," ujar Raju.

Ia pun berharap bahwa ketua umum IPM DIY selanjutnya memiliki tiga syarat yakni tertib dalam urusan akademik, tertib dalam berorganisasi dan pengkaderan, serta taat pada hasil keputusan Muktamar Muhammadiyah dan Musywil Muhammadiyah DIY yakni mendukung pemenangan Ahmad Syauqi Soeratno sebagai anggota DPD RI 2024-2029.

Sementara itu, Ketua Umum PP IPM, Riandy Prawita, berharap kaderisasi IPM ke depan terus berkembang dan terus dipercepat. "IPM ke depan harus terus mengakselerasi diri, tidak hanya sebagai ortom (organisasi otonom-Red) yang mengurusi anak muda, tapi ke depan bagaimana ide-ide cemerlang akan muncul dari IPM," ujar Riandy.

Riandy berharap IPM ke depan harus bisa berkolaborasi dengan seluruh formatur dan struktural yang ada di Muhammadiyah dengan baik. "Mari kita besarkan organisasi yang kita cintai bersama-sama ini dengan spirit kolaborasi dan elaborasi," kata Riandy.

Kegiatan kemarin sedikitnya dihadiri oleh 500 pelajar Muhammadiyah se-DIY. Selain itu, kegiatan ini juga mengundang Anggota DPD RI, Afnan Hadikusumo, Anggota DPR RI Gandung Pradiman, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Ikhwan Ahada, dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Didik Wardaya. Selain itu, berbicara sebagai keynote speaker pada acara ini adalah Ahmad Syauqi Soeratno. Sedangkan dari UAD, sambutan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Parjiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement