Ahad 22 Oct 2023 09:33 WIB

Korban Kejar Maling Motor di Bantul, Pelaku Terjungkal Setelah Ditendang

Pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Bantul Kota.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prada Widnyana.
Foto: Idealisa Masyrafina
Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prada Widnyana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL --  Seorang warga Dusun Guyengan, Kalurahan Palbapang, Kabupaten Bantul, DIY, bernama Kamim, nekat mengejar pencuri sepeda motor di depan bengkelnya. Aksi berani Kamim tersebut berhasil melumpuhkan pencuri setelah kejar-kejaran sepanjang belasan kilometer.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prada Widnyana menuturkan peristiwa tersebut terjadi Kamis (19/10/2023) sore sekira pukul 15.30 WIB. Kamim berhasil melumpuhkan pencuri sepeda motor di bengkelnya di Dusun Guyangan

"Pencuri itu dilumpuhkan di JJLS Lebakan lahan pertanian pasir milik Bapak Loso yang disewa Bapak Ngadikan Dusun Ngepet Srigading Sanden Bantul," ungkap Jeffry.

Peristiwa bermula ketika Kamim tengah berada di dalam bengkel sendirian. Lelaki tersebut mendengar ada seseorang menyalakan sepeda motor dan langsung kabur ke arah selatan atau arah pantai.

 

Merasa curiga, Kamim kemudian keluar bengkel dan mendapati salah satu sepeda motor milik pelanggannya sudah tidak ada. Ia kemudian mencoba mengejar diduga pelaku yang mengambil sepeda motor di bengkelnya.

"Namun sempat kehilangan jejak," ujar dia. Kamim tak mau putus asa, dengan dibantu temannya, Kamim berusaha mencari keberadaan sepeda motor tersebut di kawasan pantai.

Mereka menyusuri jalur jalan Lintas Selatan (JJLS). Lantas, mereka melihat honda supra vit AD 6272 AM yang dicuri tengah dikendarai oleh pelaku.

Tak ingin pelaku kabur, Kamim lantas berusaha melakukan pengejaran. Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara Kamim dengan pencuri tersebut.

Sesampainya di JJLS Dusun Ngepet, Srigading Sanden, korban kemudian menendang pelaku yang masih melaju di atas motor. Kemudian pelaku jatuh dan terguling di bahu jalan JJLS.

"Pelaku terguling-guling mengalami sejumlah luka. Sepeda motornya juga rusak," tambahnya.

Kamim kemudian menghubungi Polsek Bantul dan pelaku diamankan berikut sepeda motor sebagai barang bukti. Pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Bantul Kota.

"Identitas pelaku belum diketahui karena belum bisa ditanya dan tidak membawa KTP," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement