Selasa 24 Oct 2023 07:32 WIB

Kukuhkan Tiga Guru Besar, UAD Yogyakarta Kini Miliki 31 Profesor

Para guru besar diharapkan memberi manfaat dalam pengembangan iptek.

Kampus IV UAD.
Foto: Dokumen
Kampus IV UAD.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengukuhkan tiga guru besar dalam Sidang Terbuka Senat di Amphitarium Gedung Utama Lantai 9 Kampus 4 UAD Yogyakarta, Senin (23/10/2023).

 

Tiga guru besar UAD yang dikukuhkan itu adalah Prof Anton Yudhana, Prof Dr Siti Jamilatun dan Prof Sugiyarto.

 

 

Dalam pengukuhannya sebagai guru besar, Prof Anton Yudhana menyampaikan pidato berjudul Kolaborasi Tiga Pilar untuk Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Melalui Inovasi Agri Precision dan Biomedical Instrumentation.

Sedangkan Prof Siti Jamilatun menyampaikan pidato pengukuhan guru besar dengan judul Bahan Bakar Terbarukan dari Biomassa: Peluang dan Tantangan untuk Pasokan Energi Masa Depan.

Selanjutnya, Prof Sugiyarto menyampaikan pidato pengukuhan guru besar berjudul Model Optimasi di Era 4.0 Menuju 5.0 dengan Pendekatan Fuzzy Set dan Fuzzy Number.

Rektor UAD Prof Muchlas dalam sambutannya pada pengukuhan tiga guru besar itu mengatakan bahwa dengan tambahan tiga guru besar tersebut, UAD kini mempunyai 31 guru besar.

"Sebenarnya UAD memiliki guru besar total 32 orang, tetapi satu orang di antaranya telah meninggal dunia. Dengan demikian, UAD saat ini mempunyai 31 guru besar," kata dia.

Ia mengaku bangga dengan tambahan tiga guru besar dari berbagai bidang ilmu, yakni Prof Anton Yudhana Guru Besar Ilmu Teknik Elektro, Prof Siti Jamilatun Guru Besar Ilmu Energi Terbarukan, dan Prof Sugiyarto Guru Besar Ilmu Matematika Terapan.

"Tiga guru besar itu diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi UAD dan Muhammadiyah, tetapi juga bagi bangsa dan negara, terutama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Muchlas.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement