Selasa 07 Nov 2023 13:33 WIB

Hadiri Rakernas LDII, Jokowi dan Prabowo Disuguhkan Pencak Silat Pemersatu Bangsa

Acara ini juga dihadirii beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju.

Rep: Muhyiddin/ Red: Yusuf Assidiq
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII menggelar pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (7/11/2023).
Foto: Republika/ Muhyiddin
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII menggelar pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (7/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2023 di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (7/11/2023). Acara ini juga dihadiri beberapa menteri kabinet Indonesia maju, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan.

 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, Jokowi tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.30 WIB. Jokowi tampak mengenakan baju putih dan kopiah hitam. Begitu juga para menterinya. Acara ini juga dihadiri Panglima TNI dan Kapolri.

 

Rakernas ini digelar secara luring maupun daring. Acara dibuka dengan membaca ayat suci Alquran. Lalu dilanjutkan dengan suguhan penampilan para pendekar muda pencak silat. Penampilan mereka diberi judul 'Pemersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika'.

 

Empat pendekar pencak silat itu memakai baju khas Madura, suku Dayak, Papua, dan suku Jawa. Mereka menampilkan gerakan-gerakan yang menunjukkan persatuan. Seusai penampilannya, para pendekar pemersatu bangsa itu pun mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari hadirin.

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso mengungkapkan  ketika melihat pencak silat selalu teringat Prabowo Subianto. Karena, Prabowo merupakan Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). "Kalau lihat pencak silat saya ingat Pak Prabowo. Sekjen IPSI juga pengurus LDII," ujar Chriswanto.

 

Menurut dia, pembukaan Rakernas LDII ini dihadiri kurang lebih 11 ribu orang, baik secara luring maupun daring. Dia pun bersyukur rakernas ini bisa dihadiri Jokowi langsung untuk membuka dan meresmikan prasasti Gedung Serbaguna Minhajurrosyidin.

 

"Suatu kehormatan bagi saya dihadiri langsung oleh Presiden," katanya. Rakernas LDII ini akan dilaksanakan selama dua hari pada 7-9 November 2023. Rakernas bertujuan mempertajam dan mengevaluasi program kerja yang telah dicanangkan pada Munas IX LDII.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement