Sabtu 25 Nov 2023 19:03 WIB

Dipuji FIFA Terkait PD U-17, Eri Tegaskan Kesiapan GBT Gelar Event Internasional Lain

Penilaian terbarik berdasarkan pada kualitas rumput, transportasi, dan kesiapan kota.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Pesepak bola Timnas Maroko Anas Alaoui berebut bola dengan pesepak bola Timnas Iran Erfan Darvish Aali dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo,Surabaya, Selasa (21/11/2023).
Foto: Antara/ Ari Bowo Sucipto
Pesepak bola Timnas Maroko Anas Alaoui berebut bola dengan pesepak bola Timnas Iran Erfan Darvish Aali dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo,Surabaya, Selasa (21/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, FIFA memberinya pujian setinggi langit atas kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Bahkan, kata dia, perwakilan FIFA menyampaikan, di antara semua stadion di Indonesia, Stadion GBT-lah yang paling siap.

"Stadion GBT-lah yang terbaik. Itu mereka sendiri yang menyampaikan kepada saya," kata Eri, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga

Eri menjelaskan, penilaian terbaik itu didasarkan pada kualitas rumput, transportasi, dan bagaimana kesiapan Kota Surabaya beserta seluruh stakeholder dalam menyambut gelaran Piala Dunia U-17. Termasuk pula pengamanan dan pelaksanaanya yang diberi nilai terbaik di Indonesia.

"Saya bilang Surabaya terbaik itu bukan berarti yang terbaik hanya pemerintah kotanya, tapi juga pihak pengamanan dan pelaksanaannya. Artinya juga, semua timlah yang terbaik dan bersama-sama bekerja keras untuk kesuksesan acara ini," ujarnya.

 

Eri menyatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada PSSI bahwa Surabaya selalu siap apabila ada pertandingan Timnas Indonesia selanjutnya, baik di event sepak bola nasional maupun event dunia lainnya. Bahkan, ketika ada tender atau apapun itu untuk pelaksanaan event sepak bola, Eri berharap Stadion GBT dan Kota Surabaya dilibatkan.

"Kita ingin menjadi bagian daripada pergerakan sepak bola, baik di level nasional lebih-lebih di event dunia atau internasional," ucapnya.

Eri mengatakan, Stadion GBT dan Kota Surabaya sangat yakin bisa menggelar event Piala Dunia maupun event internasional lainnya. Apalagi pada Piala Dunia U-17 pihaknya sudah melewati banyak hal untuk menyesuaikan dengan permintaan FIFA.

“Kami sudah melewati hal-hal yang belum pernah kami lakukan, bagaimana terkait dengan penonton, bagaimana terkait dengan penataan stadion, dan sebagainya. Dan ternyata, kita bisa melewati itu semua, sehingga kita tidak akan pernah berhenti," ucapnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement