Senin 27 Nov 2023 07:47 WIB

Tim Akademi Bumi Satu Basketball Gelar Latih Tanding Perdana di Kridosono

Terdapat sejumlah kelompok umur yang berlatih di Bumi Satu Basketball.

Sesi latihan tim Bumi Satu Basketball Academy Yogyakarta.
Foto: dokpri
Sesi latihan tim Bumi Satu Basketball Academy Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Tim Bumi Satu Basketball Academy Jogjakarta menggelar uji latih tanding perdana di Hall Basket Kridosono, Yogyakarta, Ahad (26/11/2023) lalu. Pertandingan melawan tim akademi klub basket Samudera dan tim basket Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tersebut menandai berdirinya klub basket dengan metode baru tersebut.

"Alhamdulillah pertandingan latih tanding kemarin berjalan lancar. Partai uji coba tersebut mendapatkan tanggapan positif baik dari tim lawan maupun para orang tua," ujar pemilik sekaligus pelatih kepala Bumi Satu Basketball, Alfa Hari Kusumanegara, kepada Republika, Senin (27/11/2023).

Alfa mengungkapkan puas dengan performa para anak didiknya meskipun tim Bumi Satu Basketball baru aktif berlatih selama empat bulan. Bukan kepada hasilnya di mana timnya berhasil meraih kemenangan, tetapi lebih bagaimana metode yang diusungnya diterapkan dengan baik oleh Lionel dan kawan-kawan.

"Ke depan semoga terdapat lebih banyak tambahan peserta (anggota akademi-Red) lagi supaya kemajuan metode yang diterapkan bisa terlihat. Terlihat kemajuan pada performa anak-anak kemarin karena dari yang sebelumnya terlihat kalah ternyata bisa mengimbangi," tutur eks pelatih basket UGM itu.

Metode yang diterapkan di Bumi Satu Basketball, diakui Alfa, memang terlihat baru khususnya untuk diterapkan di Yogyakarta. Ia menggunakan metode long term athlete development hasil studi bandingnya ke Michigan, Amerika Serikat.

"Dalam metode ini kami mengembangkan latihan sesuai kebutuhan, dari mulai train to fun, learn to train, hingga train to compete dan train to win,” katanya.

photo
Sesi latihan tim Bumi Satu Basketball Academy Yogyakarta. - (dokpri)
 

Terdapat sejumlah kelompok umur yang berlatih di Bumi Satu Basketball, yakni 6-7 tahun, 8-9 tahun, 10-12 tahun, 13-15 tahun, dan 16 tahun ke atas atau senior. Untuk kelompok usia terkecil tentunya masih fokus pada train to fun agar anak bisa mengembangkan kepercayaan dirinya. 

"Untuk usia dini memang fokusnya bermain-main dulu, sedangkan kerja sama tim tidak terlalu ditonjolkan. Kami membangun kepercayaan diri dan saling respek antar pemain,” ujar Alfa.

Saat ini, Bumi Satu Basketball telah memiliki 30 peserta tetap yang berlatih dua kali sepekan.  Rencananya, pekan depan mereka akan kembali menggelar latih tanding kembali melawan tim basket SD Kinderstation dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement