Jumat 01 Dec 2023 21:12 WIB

Hujan Deras Guyur Kota Batu, Tanah di Desa Sumberejo Longsor

Material longsor sepanjang tiga meter menutup separuh jalan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
 Tanah longsor di Jalan Indragiri Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu.
Foto: Dokumen
Tanah longsor di Jalan Indragiri Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Hujan berintensitas tinggi terus mengguyur Kota Batu pada Jumat (1/12/2023). Situasi ini pun menyebabkan tanah longsor di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, laporan bencana tanah longsor diterima pada Jumat (1/12/2023) pukul 13.30 WIB. Kejadian ini lebih tepatnya di Jalan Indragiri RT 03 RW 03 Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Selain hujan deras, tanah longsor ini juga disebabkan oleh tidak adanya jalur aliran pembuangan air. "Sebab itu, ini menyebabkan terjadinya tanah longsor dan menutup aliran drainase dan separuh Jalan Indragiri, Desa Sumberejo," jelasnya.

Rincian dampak kerusakan dari kejadian ini, yakni material longsor sepanjang tiga meter menutup separuh jalan dan drainase. Juga dimensi plengsengan nonteknis longsor dengan panjang enam meter, tinggi empat meter dan lebar 50 centimeter (cm).

 

Pusdalops BPBD Kota Batu memastikan tidak ada korban luka akibat kejadian ini. Namun pihaknya telah melakukan sejumlah upaya dalam menanggapi kejadian tanah longsor. Di antaranya seperti kaji cepat, koordinasi dengan instansi terkait, pembersihan, dan penyemprotan material tanah longsor serta buka tutup jalan.

Di samping itu, pihaknya juga menyampaikan dua rekomendasi atas kejadian tanah longsor ini. Dua rekomendasi tersebut antara lain pemasangan terpal dan pembangunan plengsengan teknis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement