Jumat 15 Dec 2023 14:12 WIB

Nataru, Posko Kesehatan dan Layanan Kegawatdaruratan Disiapkan untuk Warga dan Wisatawan

Posko dapat melayani warga maupun wisatawan sejak 23 Desember hingga 2 Januari.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Pengunjung bertanya kepada petugas  posko layanan wisatawan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Selasa (28/12/2022). Dua posko layanan informasi wisata disiapkan untuk menyambut pengunjung saat libur Nataru 2022/2023 di kawasan Malioboro dan Titik Nol Yogyakarta. Selain bertanya rute dan tempat wisata, pengunjung juga bisa bertanya agenda wisata di Yogyakarta 2023.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pengunjung bertanya kepada petugas posko layanan wisatawan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Selasa (28/12/2022). Dua posko layanan informasi wisata disiapkan untuk menyambut pengunjung saat libur Nataru 2022/2023 di kawasan Malioboro dan Titik Nol Yogyakarta. Selain bertanya rute dan tempat wisata, pengunjung juga bisa bertanya agenda wisata di Yogyakarta 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyiapkan posko kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Posko kesehatan ini untuk melayani warga maupun wisatawan selama Nataru.

Pasalnya, selama Nataru diperkirakan akan terjadi lonjakan wisatawan yang masuk ke Kota Yogyakarta, terutama saat pergantian malam Tahun Baru. Kepala Bidang Pelayanan kesehatan Dinkes Kota Yogyakarta, Waryono mengatakan, posko akan disiapkan di kawasan Tugu, Malioboro, Keraton (Gumaton).

"Layanan posko kesehatan selama Nataru (disiapkan) di Gumaton, kita bekerja sama dengan rumah sakit di Kota Yogya untuk memberikan pelayanan," kata Waryono di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (14/12/2023).

Waryono menuturkan bahwa posko tersebut dapat melayani warga maupun wisatawan sejak 23 Desember hingga 2 Januari 2023. Selama libur Nataru, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kota Yogyakarta juga tetap beroperasi. "Untuk puskesmas di hari libur (tetap) ada piket petugas," ucap Waryono.

Selain itu, Pemkot Yogyakarta juga menyiagakan layanan Public Safety Center (PSC) 119 Yogya Emergency Service (YES). Layanan PSC 119 YES ini merupakan layanan kegawatdaruratan yang bisa melayani setiap hari jika ada kejadian di wilayah Kota Yogyakarta.

Bahkan, pelayanannya pun akan ditanggung oleh Pemkot Yogyakarta selama 24 jam pertama sejak pelaporan. "Kalau tidak ada asuransi, selama 24 jam pertama biaya ditanggung Pemkot Yogyakarta melalui jaminan kesehatan daerah," jelasnya.

Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi libur Nataru. Salah satunya menyiapkan layanan kesehatan hingga tenaga medis untuk melayani warga maupun wisatawan.

"Tentunya akan kita siapkan betul, sama dengan rumah sakit dan puskesmas di Yogyakarta. Tenaga medis siap untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Yogyakarta maupun para wisatawan yang sedang liburan di Kota Yogyakarta," kata Singgih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement