Selasa 19 Dec 2023 16:24 WIB

Tujuh Wisata Sumenep yang Cocok Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun

Bupati Sumenep mengeklaim wilayahnya mempunyai destinasi wisata yang sangat lengkap.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Perahu berjejer di Gili Iyang.
Foto: wisatajatim.info
Perahu berjejer di Gili Iyang.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pesona keindahan alam berpadu kentalnya sejarah dan budaya lokal yang unik, melahahirkan sejumlah destinasi wisata yang layak masuk daftar kunjungan. Terutama saat liburan natal dan tahun baru, yang berbarengan dengan libur sekolah. Momen tersebut menjadi waktu yang tepat untuk berlibur dan meghabiskan waktu bersama keluarga.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi kerap memamerkan sejumlah destinasi wisata andalan di ujung timur Pulau Madura tersebut. Fauzi bahkan mengeklaim, Sumenep mempunyai destinasi wisata yang sangat lengkap.

"Kami punya beberapa destinasi yang tidak hanya bahari saja. Ada juga wisata alam, heritage, wisata buatan, artinya komplit. Ini yang meyakinkan bahwa Sumenep jadi destinasi wisata favorit, khususnya untuk masyarakat Jawa Timur," kata Fauzi, Rabu (19/12/2023).

1. Gili Iyang

Destinasi yang kerap dibangga-banggakan dan menjadi andalan Kabupaten Sumenep adalah Pulau Gili Iyang. Keunikan Gili Iyang digadang-gadang memiliki kadar oksigen tertinggi kedua di dunia, setelah Yordania.

Selain memiliki kadar udara yang baik, Pulau Gili Iyang juga dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Salah satu destinasi wisata favorit di sana adalah wisata Batu Cangga. Batu Cangga merupakan sebuah objek wisata alam yang berada tepat di bagian bawah dari sebuah bukit karst yang menjorok ke Laut Jawa, di utara Pulau Gili Iyang.

2. Gili Labak

Bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan bawah laut yang indah bisa berkunjung ke Pulau Gili Labak. Fauzi bahkan menyebut, keindahan bawah laut Gili Labak tidak kalah dengan Bunaken.

"Terus ada Pantai Sembilan, Pantai Salopeng, Pantai Lombang, dan Pantai Kasogi yang nanti kita buat city tour," ujar Fauzi.

Fauzi berpendapat, pesona bawa laut Pulau Gili Labak memang begitu indah, dengan air laut jernih dan gugusan terumpu karang. Ada beraneka ikan hias yang menghuni gugusan karang pulau itu. Gili Labak juga disebutnya sebagai destinasi wisata favorit, terutama bagi pecinta snorkling.

3. Museum Keraton Sumenep

Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep juga bisa melakukan wisata sejarah di Museum Keraton Sumenep. Tempat wisata ini bisa menjadi jujugan wisata keluarga untuk mengenalkan nilai sejarah kepada anak-anak. Terletak di Jalan dr. Soetomo nomor 6, Sumenep, museum ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB.

4. Pulau Mamburit

Destinasi wisata yang juga menarik dan layak masuk daftar kunjungan adalah Pulau Mamburit. Pulau ini menyajikan keindahan bawah laut dengan ciri khas terumbu karang dan pasir putih. Pulau ini juga sangat cocok untuk aktivitas bawah laut seperti diving dan snorkeling.

Namun, butuh waktu lebih kama untuk melihat keindahan pulau yang disebut-sebut mirip dengan wisata di Lombok. Wisatawan harus melanjutkan perjalanan ke Pulau Kangean, sekitar 20 menit dari Sumenep.

5. Masjid Agung Sumenep

Kabupaten Sumenep juga memiliki wisata religi yakni Masjid Agung Sumenep. Masjid megah yang identik dengan warna kuning ini menjadi pusat wisata religi yang tak boleh dilewatkan. Masjid ini memiliki sejarah ikon panjang Kabupaten Sumenep. Letaknya pun cukup mudah dijangkau, lantaran berhadapan dengan alun-alun Kota Sumenep.

6.Pantai Sembilan

Pantai Sembilan juga bisa dikunjungi wisatawan untuk mengisi liburan akhir tahun mendatang. Pantai Sembilan berlokasi di Pulau Giligenting, Desa Bringsang, Sumenep. Di Pantai Sembilan, ada beragam wahana air yang bisa dicoba. Seperti banana boat, kano, hingga snorkeling.

Jika berangkat dari Sumenep, akses masuknya bisa menuju Pelabuhan Tanjung. Kemudian, wisatawan bisa menyeberang ke Pelabuhan Desa Bringsang. Pantai Sembilan ada di sebelah pelabuhan dan hanya berjarak sekitar 350 meter, sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

7. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng juga menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik. Selain tempatnya yang eksotis dengan menawarkan pemandangan pasir putih, di tempat ini juga ada lokasi bermain air dan pasir. Ombak di pantai ini juga cukup tenang sehingga dapat dinikmati keluarga yang ingin liburan akhir tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement