Ahad 31 Dec 2023 21:30 WIB

Gempa Guncang Sumedang Jelang Malam Tahun Baru 2024, Getarannya Sampai Bandung dan Subang

Gempa bumi di Sumedag merupakan jenis gempa bumi dangkal karena aktivitas sesar aktif

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi Gempa di Sumedang. Gempa berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Sumedang, menjelang malam pergantian tahun baru 2024.
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Ilustrasi Gempa di Sumedang. Gempa berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Sumedang, menjelang malam pergantian tahun baru 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Ahad (31/12/2023) sekitar pukul 14.35 WIB. Gempat tersebut tidak hanya dirasakan masyarakat Sumedang, tetapi guncangannya sampai ke wilayah Cileunyi hingga Cicalengka dan Garut.

BMKG melaporkan itik gempa bumi berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 7 kilometer. "Gempa bumi magnitudo 4,1. Lokasi 1 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang kedalaman 7 kilometer," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Ahad (31/12/2023).

Baca Juga

Gempa bumi di Sumedag tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar aktif daerah setempat. "Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi," kata dia.

Teguh menyebut, di Cileunyi, Rancaekek, Lembang, Cicalengka, Jatinangor, dan Subang, getaran dirasakan beberapa orang. Serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan getaran dirasakan di dalam rumah.

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Garut, Cianjur dan Kota Bandung dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," katanya.

Berita ini sudah dimuat di Republika Jabar, baca selengkapnya di sini...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement