Kamis 11 Jan 2024 07:10 WIB

Konferwil Berlangsung Damai, Pengwil Jatim INI Miliki Ketua Baru

Semua proses pemilihan berlangsung tertib.

Konferensi Wilayah (Konferwil) Jawa Timur Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang digelar di Grand Empire Palace pada Selasa (9/1/2023) akhirnya menghasilkan ketua baru. Isy Karimah Syakir terpilih dengan suara terbanyak mengungguli Siti Anggraenie Hapsari.
Foto: dokpri
Konferensi Wilayah (Konferwil) Jawa Timur Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang digelar di Grand Empire Palace pada Selasa (9/1/2023) akhirnya menghasilkan ketua baru. Isy Karimah Syakir terpilih dengan suara terbanyak mengungguli Siti Anggraenie Hapsari.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Konferensi Wilayah (Konferwil) Jawa Timur Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang digelar di Grand Empire Palace pada Selasa (9/1/2023) akhirnya menghasilkan ketua baru. Isy Karimah Syakir terpilih dengan suara terbanyak mengungguli Siti Anggraenie Hapsari.

Hasil penghitungan suara menyatakan, Isy Karimah Syakir meraih 869 suara, Siti Anggraenie Hapsari 609 suara, dan suara tidak sah mencapai 13 suara. Dengan selisih yang cukup jauh, yakni 260 suara, Isy Karimah tampil sebagai ketua baru Pengwil Jatim INI untuk periode 2023-2026. Siti Anggraenie yang mencalonkan lagi untuk periode keduanya pun harus lengser. 

"Terima kasih untuk semua yang sudah mendukung kami. Ini adalah amanah yang berat untuk kami emban tapi dengan kerja sama dan dukungan semua pihak kami akan bekerja untuk memajukan notaris di Jawa Timur," kata Isy Karimah Syakir dalam siaran pers, Kamis (11/1/2023). 

Meski digelar di tengah perpecahan Pengurus Pusat INI, acara konferwil berlangsung kondusif. Semua proses pemilihan berlangsung tertib. Mulai dari pendataan pemilih, pencoblosan suara, hingga penghitungan suara berjalan lancar. Sesi pembahasan tata tertib juga berlangsung mulus. Sebanyak 1.491 notaris yang menjadi pemilih menunaikan hak suaranya tanpa kendala. 

Siti Anggraenie mengaku bersyukur karena acara berlangsung dengan tertib. Laporan pertanggungjawaban yang dia paparkan kepada para peserta Konferwil juga diterima dengan baik. Dua kubu calon ketua bersaing dengan sehat. Tidak ada intimidasi terhadap pendukung calon lain.

"Sudah bukan rahasia lagi bahwa PP INI ada dua ketua hasil kongres. Namun, ternyata di Jatim hanya ada satu Konferwil. Satu-satunya konferwil ini pun berlangsung adem, damai, dan tenang. Semua berjalan lancar," kata Siti Anggraenie.

Siti Anggraenie mengatakan, banyak skenario jahat yang bisa dilakukan untuk mengacak-acak Konferwil Jatim. Mulai dengan mengacaukan laporan pertanggungjawaban, membatasi calon pemilih, hingga intimidasi terhadap para pendukung. 

"Namun, semuanya tidak ada. Sanggahan-sanggahan juga tidak ada. Ini kondisi yang menggembirakan dan membahagiakan. Di tengah konflik perpecahan PP INI, Jatim tetap guyub rukun. Seduluran saklawase," katanya. 

Siti Anggraenie mengucapkan selamat untuk ketua baru Pengwil Jatim INI. Tantangan notaris dan organisasi notaris ke depan bakal sangat berat. Salah satunya, jumlah notaris kian banyak membuat persaingan sesama notaris semakin keras. Perlu ada upaya untuk memfasilitasi para notaris agar tidak terjebak pada persaingan yang tidak sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement