Sabtu 10 Feb 2024 10:55 WIB

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini: Potensi Hujan Lebat Siang-Sore

Hujan intensitas sedang-lebat bisa disertai petir dan angin kencang.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) Yogyakarta (YIA) memprakirakan potensi hujan di sejumlah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (10/2/2024) ini. Diprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat pada siang hingga sore hari.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.” Demikian informasi dari BMKG Stamet YIA.

Baca Juga

Kondisi cuaca tersebut diperkirakan berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Sleman bagian utara, Kabupaten Kulon Progo bagian utara, dan Kabupaten Gunungkidul bagian utara.

Khusus di kawasan Gunung Merapi, diperkirakan juga potensi hujan pada siang hingga sore, dengan intensitas ringan hingga sedang. 

 

Pada siang hari, angin di sekitar kawasan Gunung Merapi diperkirakan bergerak ke arah timur dengan kecepatan berkisar lima kilometer per jam sampai 14 kilometer per jam. Sedangkan pada sore hari bergerak ke timur dengan kecepatan diprakirakan lima kilometer per jam sampai 12 kilometer per jam.

Sementara pada malam hari, sekitar kawasan Gunung Merapi diperkirakan tidak akan turun hujan. Begitu juga di wilayah lain DIY. “Pada malam hari diperkirakan kondisi cuaca berawan.” Demikian informasi dari BMKG Stamet YIA.

Ihwal ketinggian gelombang di perairan selatan DIY, pada Sabtu ini diperkirakan berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter atau masuk kategori sedang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement