Senin 26 Feb 2024 23:42 WIB

Pemkab Sidoarjo Salurkan Bantuan untuk 22.086 KK Terdampak Banjir

Bantuan bahan pokok disalurkan untuk warga terdampak banjir di lima kecamatan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.
Foto: Dok Pemprov Jatim
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur, terus menyalurkan bantuan bahan pokok untuk warga terdampak banjir. Bantuan ditujukan bagi 22.086 kepala keluarga (KK) yang tersebar di lima kecamatan.

Lima kecamatan terdampak banjir itu adalah Waru, Taman, Sedati, Tanggulangin, dan Kecamatan Jabon. Sebanyak 2.217 KK penerima bantuan berada di wilayah Kecamatan Tanggulangin. “Mereka berada di lima desa, yakni Desa Kedungbanteng, Desa Banjarasri, Desa Banjarpanji, serta Desa Kalidawir, dan Desa Gempolsari,” ujar Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali di sela-sela penyerahan bantuan, Senin (26/2/2024).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Bupati mengajak masyarakat untuk ikut berupaya mencegah banjir. Di antaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan. Untuk itu, Bupati meminta masyarakat menggiatkan kerja bakti.

Sekarang ini, menurut Bupati, kegiatan kerja bakti sudah jarang dijumpai. “Kerja bakti hanya saat peringatan hari kemerdekaan saja. Pada saat itu, tidak banyak warga yang melakukan kerja bakti. Kalaupun ada, hanya sedikit warga yang berpartisipasi. Selebihnya hanya melihat saja, meski warga lainnya sedang bersih-bersih,” ujar Bupati.

 

Bupati meminta para camat, juga lurah dan kepala desa untuk menggiatkan kerja bakti di wilayahnya masing-masing. “Sekuat-kuatnya pemerintah mengatasi banjir, tanpa dukungan warga, mustahil kita bisa menuntaskan persoalan banjir ini. Harus ada sinergisitas antara Pemerintah Sidoarjo dengan masyarakat,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement