Ahad 03 Mar 2024 19:06 WIB

Pemkot Semarang Dukung Pengembangan Wisata Pantai Tirang

Pemkot Semarang menyoroti soal akses jalan ke Pantai Tirang.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.
Foto: Bowo Pribadi
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah, mendukung upaya pengembangan pariwisata Pantai Tirang. Akses menuju kawasan pantai itu menjadi perhatian.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang telah mengubah wajah Pantai Tirang, dari yang sebelumnya tak terawat, menjadi salah satu destinasi yang memiliki daya tarik wisata.

Baca Juga

“Itu salah satu aset wisata Kota Semarang, harus dibaguskan, sehingga Semarang punya pantai yang indah dan bagus. Meskipun sudah ada Pantai Marina yang banyak kafe-kafe, kalau Pantai Tirang lebih alami,” ujar wali kota yang akrab disapa Ita itu.

Karenanya, Ita berharap pariwisata Pantai Tirang bisa terus dikembangkan agar lebih menarik bagi wisatawan. “Inginnya seperti pantai-pantai lainnya. Kalau sekarang, sudah ada gubuk-gubuk seperti orang jualan ikan. Nah, itu biar ditata lagi. Saya menyampaikan terima kasih karena Pokdarwis Pantai Tirang ini sudah maksimal membuat pantai bagus,” ujar dia. 

Menurut Ita, Pemkot Semarang akan mendukung pengembangan pariwisata Pantai Tirang. Termasuk soal akses menuju kawasan pantai tersebut. “DED (detail engineering design) telah dibuat dan siap direalisasikan. Di sana yang jadi kendala adalah akses masuknya sulit,” katanya.

Ita menjelaskan, akses menuju Pantai Tirang hanya dua, yakni melewati jalan dari TNI Penerbad yang merupakan aset Pangkalan Udara Utama Angkatan Darat (Lanumad) dan jalan di Perumahan Graha Padma.

“Kami sudah berkoordinasi dengan (pengelola) Graha Padma dan itu harus disinkronkan. Jangan sampai Pantai Tirang bagus, tapi wilayah dekat-dekat sekitarnya enggak bagus,” ujar Ita.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang Budi Prakosa mengatakan upaya pengembangan pariwisata Pantai Tirang tengah dikoordinasikan dengan pokdarwis dan pengelola Perumahan Graha Padma. Termasuk soal akses menuju kawasan pantai itu.

“Realisasi sedang dikoordinasikan. Kami sudah intensif komunikasi, baik dengan Graha Padma dan pokdarwis. Terkait akses itu, dari Graha Padma mendedikasikan untuk akses menuju Pantai Tirang,” kata Budi.

Ke depan, Pemkot Semarang juga akan mengkaji transportasi umum untuk menuju kawasan Pantai Tirang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement