Selasa 12 Mar 2024 13:40 WIB

Takjil Gratis di Masjid Sheikh Zayed Solo, Setiap Hari Ribuan Porsi

Disiapkan tenda untuk pembagian takjil di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Irfan Fitrat
Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Solo, Jawa Tengah.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Solo (Surakarta), Jawa Tengah, menyediakan makanan untuk berbuka puasa atau takjil pada bulan Ramadhan ini. Masyarakat bisa mendapatkan takjil secara gratis.

Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed, Munajat, mengatakan, ada dua macam takjil yang disiapkan. “Untuk buka puasa ada dua macam, yakni menu takjil ringan, seperti es dan lainnya. Sedangkan untuk menu takjil berat ada nasi sayur dan daging. Kita siapkan 7.000 hingga 10 ribu per hari,” kata dia, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga

Menurut Munajat, untuk pembagian takjil itu akan disiapkan tiga tenda. Tenda untuk perempuan disiapkan di sebelah utara, tenda untuk laki-laki di timur, dan tenda untuk keluarga di selatan.

Munajat mengatakan, menu takjil itu dipesan dari kelompok ibu-ibu atau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ia memastikan ada standardisasi produk dan penyajian makanan untuk takjil ini.

“Ya tentunya bersih dan sehat. Menu buka puasa yang berat dipesankan dari pelaku katering UMKM di sekitar masjid atau Kota Solo, mereka sudah diseleksi. Meskipun kelas UMKM, kualitas makanan tetap yang utama,” ujar Munajat.

Pada bulan Ramadhan ini ada sejumlah kegiatan juga yang digelar Masjid Raya Sheikh Zayed. Munajat mengatakan, ada beberapa perlombaan pada bulan puasa ini, antara lain lomba fotografi Masjid Nusantara Ramadhan 2024 dan lomba foto kegiatan ngabuburit di Masjid Raya Sheikh Zayed.

“Sedangkan yang offline adalah lomba dai kecil dan lomba mewarnai. Nanti kita ada hadiah mencapai puluhan juta rupiah,” kata Munajat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement