Kamis 14 Mar 2024 19:10 WIB

Pemkot Pekalongan Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Pengungsi Banjir

Ada beberapa lokasi pengungsian korban banjir di Kota Pekalongan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Banjir.
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
(ILUSTRASI) Banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan logistik untuk warga terdampak banjir di sejumlah lokasi pengungsian. Bantuan yang disalurkan berupa air bersih dan obat-obatan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan Aprilyanto Dwi Purnomo mengatakan, intensitas curah hujan tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah, salah satunya Kecamatan Pekalongan Barat.

Baca Juga

“Saat ini, para pengungsi membutuhkan air bersih untuk keperluan mandi dan mencuci, sehingga kami drop air bersih untuk mereka,” kata Aprilyanto, Kamis (14/3/2024).

Ada beberapa lokasi yang dijadikan tempat pengungsian korban banjir, antara lain aula Kecamatan Pekalongan Barat, masjid Al-Ikhlas Sidomulyo di Kelurahan Pasirkratonkramat, dan gedung Panti Asuhan Arrobitoh di Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur.

Menurut Aprilyanto, air bersih disalurkan ke lokasi pengungsian aula Kecamatan Pekalongan Barat sebanyak satu tangki mobil dengan kapasitas 5.000 liter. Ia mengatakan, bantuan air bersih ini akan terus disalurkan selama dibutuhkan warga di pengungsian. 

“Tidak hanya di lokasi pengungsian aula Kecamatan Pekalongan Barat saja, namun kami juga menyuplai air bersih ke lokasi pengungsian lain,” ujar Aprilyanto.

Aprilyanto mengingatkan warga meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana mengingatkan masih turun hujan. “Kami mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan bencana karena intensitas curah hujan masih sangat tinggi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement