Sabtu 23 Mar 2024 13:30 WIB

Tim Gabungan Asesmen Kerusakan di Pulau Bawean Akibat Gempa

Pj Gubernur Jatim juga berencana meninjau langsung warga di Pulau Bawean.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono.
Foto: Dok Pemprov Jatim
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur (Jatim) terdampak serangkaian gempa yang terjadi pada Jumat (22/3/2024). Termasuk Pulau Bawean, yang masuk wilayah Kabupaten Gresik.

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan, tim dari berbagai instansi diberangkatkan ke Pulau Bawean untuk melakukan asesmen. “Tim dari BPBD, Basarnas, Kementerian PU, dan BMKG telah berangkat ke Pulau Bawean untuk melakukan asesmen potensi kerusakan dan kebutuhan mendesak warga. Sebab, Pulau Bawean merupakan wilayah terdampak paling dekat dengan pusat gempa dan paling banyak mengalami dampak kerusakan,” kata dia.

Baca Juga

Adhy pun menyampaikan rencananya untuk meninjau langsung dampak gempa di Pulau Bawean pada Ahad (24/3/2024) ini. Ia mengaku akan berupaya memastikan pemenuhan kebutuhan warga terdampak gempa.

“Rencananya saya juga akan langsung turun ke sana untuk memastikan bahwa seluruh warga terdampak bisa terpenuhi kebutuhannya, sekaligus melakukan asesmen lapangan terhadap dampak dari gempa yang terjadi supaya bisa segera kita tangani,” ujar Adhy.

Adhy mengimbau masyarakat untuk tidak panik apabila terjadi gempa susulan, akan tetapi tetap waspada. “Bila memungkinkan untuk keluar, segera keluar ke lapangan terbuka. Namun, bila tidak memungkinkan, gunakan meja atau benda kokoh lainnya untuk berlindung di bawahnya,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement