Rabu 27 Mar 2024 16:31 WIB

Jalur Mudik di Temanggung Dibenahi

DPUPR Temanggung melakukan perbaikan, antara lain di ruas jalan Geneng-Maron.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Perbaikan jalan.
Foto: Antara/Anis Efizudin
(ILUSTRASI) Perbaikan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tengah memperbaiki sejumlah ruas jalan, termasuk jalur mudik. Untuk perbaikan jalan ini DPUPR mengalokasikan dana sekitar Rp 4 miliar dari APBD 2024.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Temanggung Khamim Gunardi menyebut ada bermacam bentuk kerusakan jalan, seperti kondisi aspal mengelupas, bergelombang, hingga berlubang. Ia mengatakan, upaya perbaikan atau pemeliharaan dilakukan, termasuk di ruas jalan yang biasa dilintasi para pemudik.

Baca Juga

“Kita melakukan kegiatan pemeliharaan ruas jalan sebagai upaya persiapan mudik. Seperti di ruas jalan Geneng-Maron ini, petugas harus mengeruk sisa material di lubang-lubang tersebut kemudian ditambal aspal,” kata Gunardi, Selasa (26/3/2024).

Untuk ruas jalan Geneng-Maron, menurut Gunardi, sebenarnya pada tahun ini sudah dianggarkan sekitar Rp 10 miliar guna dilakukan pengecoran. Namun, karena menjelang momen Lebaran, ruas jalan tersebut ditambal terlebih dahulu.

Menurut Gunardi, tahun ini masing-masing Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) memperbaiki empat hingga lima ruas jalan. Ia berharap jalur mudik yang dibenahi dapat tuntas sesuai target, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik yang melintasi Temanggung.

“Untuk masing-masing UPTD diberikan target waktu H-5 Lebaran kita sudah selesai, harapannya demikian,” kata Gunardi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement