Ahad 07 Apr 2024 21:59 WIB

Sistem Jalur Satu Arah Diberlakukan di Tol Semarang Hingga Bawen

Sistem satu arah disiapkan mengatasi kepadatan arus lalu lintas kendaraan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Lalu lintas kendaraan saat arus mudik.
Foto: dok.Humas Res Semarang
(ILUSTRASI) Lalu lintas kendaraan saat arus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Polda Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan sistem jalur satu arah (one way) mulai ruas Manyaran di jalan tol dalam Kota Semarang hingga pintu keluar Tol Bawen, Kabupaten Semarang, pada Ahad (7/4/2024). Sistem satu arah diberlakukan untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas kendaraan saat arus mudik Lebaran.

“Ada perlambatan di ruas Manyaran. Dirlantas (Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng) sudah dipersiapkan untuk melaksanakan one way lokal,” kata Kepala Polda (Kapolda) Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Baca Juga

Menurut Kapolda, pemberlakuan sistem satu arah lokal setelah gerbang Tol Kalikangkung itu berdasarkan situasi arus lalu lintas. Ia menyebut, arus kendaraan di gerbang Kalikangkung masih terbilang tinggi pada Ahad malam, meskipun sudah mengalami penurunan.

Direktur Lantas Polda Jateng Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan, terdapat beberapa indikator kondisi lalu lintas dalam menentukan sistem jalur satu arah. Seperti kepadatan di jalur tol dalam kota akibat limpahan dari Kalikangkung. “Dilakukan hingga pintu keluar Tol Bawen karena ada peningkatan volume lalu lintas,” kata dia.

Menurut Sonny, sistem jalur satu arah itu bersifat situasional untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas kendaraan di tol dalam kota. “Perkiraan sekitar dua sampai tiga jam, tergantung situasi,” kata Sonny.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement