Rabu 10 Apr 2024 14:08 WIB

Polres Bantul Sebut Perayaan Malam Takbiran Berjalan Kondusif

Tidak ada kejadian menonjol.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Warga berkeliling kota di malam takbiran. Ilustrasi
Foto: Edi Yusuf/Republika
Warga berkeliling kota di malam takbiran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pengamanan malam takbiran di kawasan Kabupaten Bantul dilakukan pada Selasa (9/4/2024) malam. Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengatakan, selama dilakukannya pengamanan kondisi berjalan kondusif.

"Tidak ada kejadian menonjol, dan tentunya kami ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh pihak yang ikut berperan aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah selama malam takbiran," kata Michael di Bantul, DIY, Rabu (10/4/2024).

Disampaikan Michael bahwa berdasarkan laporan dari petugas yang melakukan pengamanan, pelaksanaan takbir keliling berjalan aman, lancar, dan tertib. Bahkan, ia berterimakasih kepada warga yang mematuhi aturan terkait pelaksanaan takbir keliling sesuai surat edaran yang dikeluarkan Pemkab Bantul.

"Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Bantul, yang telah mematuhi aturan pelaksanaan takbir keliling, sehingga semuanya dapat berjalan aman dan lancar," ucap Michael.

Lebih lanjut, Michael juga menyebut bahwa situasi sampai saat ini di Bantul masih terpantau aman, kondusif, serta tidak ada kejadian yang menonjol di 17 kecamatan yang ada di Bantul.

“Sesuai surat edaran malam takbir maksimal sampai pukul 23.00 guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Maka kami tegas pulangkan para pengendara yang masih seliweran di jalan terutama yang keluar kapanewon (kecamatan),” jelasnya.

Meski begitu, ada petugas yang melakukan tindakan tegas yakni dengan menyita kembang api yang dibawa peserta takbir keliling. Sebab, masih banyak peserta takbir keliling yang menyalakan kembang api.

“Kami terpaksa sita kembang api guna mencegah digunakan sebagai alat menembak yang dapat melukai, dan menimbulkan gesekan antar kelompok,” ungkap Michael.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement