Selasa 16 Apr 2024 23:50 WIB

Pesta Lomban di Jepara Digelar 17 April 2024, Ratusan Personel Gabungan Disiagakan

Polres Jepara mengingatkan keselamatan saat acara pelarungan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pesta Lomban di laut Jepara, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Pesta Lomban di laut Jepara, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA — Ratusan personel dari sejumlah instansi disiagakan untuk melakukan pengamanan kegiatan Pesta Lomban di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut akan digelar pada Rabu (17/4/2024).

Kepala Polres (Kapolres) Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, untuk pengamanan disiagakan 480 personel gabungan. “Terdiri atas Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, Basarnas, dan pemangku kepentingan lainnya,” kata dia, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga

Pesta Lomban biasanya dimulai dengan kegiatan penyembelihan hewan kerbau, ziarah makam leluhur, pertunjukan wayang di TPI Ujungbatu, serta rangkaian kegiatan lainnya di perairan Jepara. 

Kapolres mengatakan, sebelumnya sudah dilakukan rapat koordinasi terkait pengamanan Pesta Lomban. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kegiatan pelarungan kepala kerbau di laut. Saat kegiatan tersebut biasanya masyarakat menggunakan kapal. Kapolres pun mengingatkan soal keselamatan.

“Kami juga mengimbau setiap kapal yang hendak mengikuti Lomban untuk melengkapi dengan fasilitas keselamatan, seperti life jacket (jaket pelampung),” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, pengamanan pun akan dilakukan di titik-titik strategis lainnya saat Pesta Lomban. “Kami juga akan menyiapkan petugas di titik strategis atau titik kumpul warga. Selain itu, juga disiagakan personel di lokasi wisata yang ada di Kabupaten Jepara,” ujar Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement