Jumat 09 Aug 2024 16:55 WIB

Noorhaidi Resmi Jadi Rektor Baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Noorhaidi dilantik sebagai rektor oleh Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Noorhaidi resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta periode 2024-2028.
Foto: Instagram UIN Sunan Kalijaga
Noorhaidi resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta periode 2024-2028.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Noorhaidi resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta periode 2024-2028. Noorhaidi dilantik sebagai rektor baru menggantikan rektor sebelumnya yakni Al Makin. 

Noorhaidi dilantik sebagai rektor oleh Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama (Kemenag), DKI Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Dalam keterangan yang diterima Republika dari Humas UIN Suka Yogyakarta, Sekretaris Jenderal, Muhammad Ali Ramdhani beserta Inspektur Jenderal, Faisal bertindak sebagai saksi dalam pelantikan tersebut. 

Dalam pelantikan itu, juga dihadiri berbagai Satker Kemenag, para pejabat Eselon I, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama, deretan pejabat Eselon II, Penasehat, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama.

Seperti diketahui, UIN Suka Yogyakarta telah menggelar sejumlah tahapan penjaringan bakal calon rektor periode 2024-2028 sejak Februari 2024 lalu. Penjaringan rektor ini dilakukan mengingat akan berakhirnya masa jabatan Rektor UIN Suka periode 2020-2024 pada 9 Juli 2024. 

Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Suka, Faisal Luqman Hakim mengatakan, tahapan penjaringan bakal calon rektor ini dimulai dengan proses sosialisasi terkait penjaringan bakal calon rektor ini. Kemudian dilakukan penyampaian visi dan misi di hadapan rapat pleno senat UIN Suka. 

Faisal merinci bahwa pengumuman pendaftaran dan sosialisasi digelar sejak 28 Februari hingga 22 Maret 2024. Untuk pendaftaran dan penerimaan juga dimulai sejak 22-27 Maret. 

"Verifikasi persyaratan administrasi 28 Maret, dan penetapan bakal calon rektor yang memenuhi administratif pada 1 April," kata Faisal beberapa waktu lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement