REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kreativitas dan kolaborasi jadi napas utama dalam gelaran Party of Public Relations (POP) 2025 yang dipersembahkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga. Mengangkat tema 'Public Relations Strategies for Creative Economy', acara ini menjadi ruang kolaboratif yang menyatukan akademisi, mahasiswa, pelaku usaha, dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung penguatan ekonomi kreatif.
Dimulai pada 18 Mei 2025, POP 2025 dibuka dengan kegiatan Grand Opening dan Fun Walk yang berlangsung meriah. Momen simbolis pelepasan merpati mengudara menjadi penanda harapan akan semangat baru dalam komunikasi yang membangun. Ratusan peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, mulai dari dosen, mahasiswa, hingga masyarakat umum.
Yang menarik, sepanjang jalur Fun Walk, sejumlah booth kreatif turut meramaikan acara dengan menjual beragam produk seperti makanan ringan, minuman segar, hingga buku dan kerajinan lokal. Kehadiran booth-booth ini bukan sekadar pelengkap acara, melainkan bentuk nyata dukungan terhadap pelaku usaha mikro dan UMKM mahasiswa. Inisiatif ini sejalan dengan semangat acara, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi dari bawah lewat pemberdayaan komunitas lokal.
Dalam sambutannya, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Mohammad Mahfud, menegaskan bahwa kolaborasi antarsektor sangat penting untuk menghadapi tantangan ekonomi kreatif saat ini. "Kami percaya bahwa komunikasi strategis bisa menjadi pemicu perubahan nyata. Dan semua ini bisa dimulai dari langkah kecil seperti mendukung UMKM di lingkungan sekitar," ujarnya.
Lanjut ke tanggal 21 Mei 2025, POP menghadirkan sesi workshop yang membekali peserta dengan wawasan dan praktik langsung dari para profesional di antaranya Ellano Candra, public speaker dan content creator yang mengulas pentingnya komunikasi digital dalam membangun personal branding, Agus Mulyono, Sekretaris Dinas UMKM DIY, yang memaparkan strategi pemerintah dalam penguatan UMKM di era digital, serta Diyah Layli Fardisa, pengusaha lokal sekaligus pendiri Bolosego, yang membagikan pengalamannya dalam membangun bisnis berbasis kearifan lokal.
Workshop ini jadi momen interaktif yang menyatukan ilmu akademik dan praktik lapangan dalam mendorong inovasi. Tak kalah seru, POP 2025 juga menjadi panggung kreativitas mahasiswa melalui berbagai kompetisi seperti PR Campaign, Business Plan, Short Movie, dan News Anchor. Final kompetisi PR Campaign dan Business Plan pada 27 Mei 2025 mempertemukan tim-tim terbaik dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia, UGM, Unpad, dan Universitas Udayana.
Sebagai penutup rangkaian acara, Awarding Night digelar pada 28 Mei 2025 dengan tema "Commusication”. Malam apresiasi ini bukan hanya tentang penganugerahan, tapi juga perayaan atas kreativitas, kerja keras, dan semangat kolaboratif anak muda. Tampil
memeriahkan malam tersebut antara lain Jamara Tari, band Turex, Lustman, dan Rahafis,
serta pertunjukan drama mini yang sarat pesan sosial.
Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga, Mohammad Sodiq, turut hadir dan menyampaikan apresiasinya terhadap keterlibatan aktif mahasiswa. "Kegiatan ini menunjukkan bahwa komunikasi bisa menjadi motor penggerak ekonomi kreatif. Saya bangga melihat kontribusi nyata dari mahasiswa dalam menghadirkan solusi dan semangat perubahan," tuturnya.
Melalui POP 2025, UIN Sunan Kalijaga menegaskan peran penting perguruan tinggi dalam mengembangkan komunikasi strategis yang berpihak pada masyarakat, mendorong inovasi, dan memperkuat ekosistem ekonomi kreatif Indonesia.
Daftar lengkap Juara Lomba POP 2025 sebagai berikut:
Lomba News Anchor (Pembawa Berita):
1. Nova Fitri Permatasari (Universitas Udayana)
2. Nur Fadhila Zahrany A (UIN Sunan Kalijaga)
3. Nafisatu Zahro (UIN Sunan Kalijaga)
4. Helena Nurhayatul H (Universitas Negeri Yogyakarta)
5. Irene Diana Esmeralda (Universitas Airlangga)
Cabang lomba HIVE (Business Plan):
Juara 1: Powerpuff Girls (UIN Sunan Kalijaga)
Juara 2: QOF Team (Universitas Dian Nuswantoro)
Juara 3: Dompet muda (UIN Sunan Kalijaga)
Harapan 1: Kamar 3 (Universitas Gadjah Mada)
Harapan 2: Tim Bismillah (UIN Sunan Kalijaga).
Cabang Lomba Akasia (PR Campaign):
Juara I: Sasak Tinju (Universitas Padjadjaran)
Juara II: Bersama Tuhan (Universitas Padjadjaran)
Juara III: Wong Tulus (Universitas Gadjah Mada)
Harapan I: Ja Team (Universitas Padjadjaran)
Harapan II: Clubhouse (Universitas Padjadjaran)
Juara Terfavorit Versi Juri: Lokalicious (Universitas Mercu Buana).
Cabang Lomba Honey Movie (Short Movie):
Juara 1: Rafawuell Streujk (UIN Sunan Kalijaga)
Juara 2: UK Production (UIN Sunan Kalijaga)
Juara 3: KPIcture (Universitas Sains Al-Qur’an)
Harapan 1: Yamin Media Center (MA Salafiyah Karangtengah)
Harapan 2: Tim Esteh (UIN Sunan Kalijaga)